SOLOPOS.COM - Foto Nurnaningsih karya studio fotografi Hollywood, Jakarta, 1955, yang terpampang pada iklan di Film Varia. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Eva Arnaz, Kiki Fatmala, hingga Ayu Azhari mungkin sering dikira sebagai pelopor artis yang berani tampil hot di Indonesia. Sebenarnya, siapa artis pertama di Indonesia yang berani tampil bugil di depan kamera?

Nurnaningsih, sosok tersebut diduga kuat sebagai artis pertama asli Indonesia yang berani tampil telanjang dalam suatu adegan film layar lebar. Bahkan, film yang ia bintangi itu digarap kala umur kemerdekaan Indonesia belum genap 10 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam ensiklopedia digital Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Jakarta, disebutkan Nurnaningsih lahir di Surabaya, 5 Desember 1925. Film pertama yang ia bintangi adalah Krisis karya Usmar Ismail yang dipublikasikan pada 1953.

Baca Juga: Dulu Dikenal Hot, 5 Artis Ini Sekarang Putuskan Berhijab

Namun dalam film itu, Nurnaningsih belum tampil hot. Artis asli Surabaya ini baru berani tampil setengah bugil dalam film Indonesia yang bertajuk Harimau Tjampa karya D Djajakusuma yang dipublikasikan pada 1954.

Tentu, penampilan yang berani dari Nurnaningsih kala itu mendapatkan respons keras dari berbagai kalangan. Namun, Nurnaningsih dengan tegas menyatakan tidak tampil telanjang hanya semata-mata ingin membangkitkan berahi penonton.

Ia mengaku hanya ingin menghapus pandangan-pandangan kolot yang menurutnya masih menghalangi para seniman untuk berkarya.

Baca Juga: Deretan Artis Era 80-90an yang Masih Hot Hingga Sekarang

Setelah kontroversi adegan film Harimau Tjampa, Nurnaningsih kembali membuat publik geger di tahun yang sama. Foto bugil artis film yang mulai kondang se-antero Indonesia ini mulai beredar di Jakarta.

Foto tersebut merupakan karya fotografer yang belum jelas identitasnya. Setelah menjalani interogasi pihak kepolisian dan mendapatkan kecaman dari sejumlah kalangan masyarakat, sosok Nurnaningsih menghilang dari sorotan media setelah membintangi film bertajuk Kebun Binatang yang dirilis pada 1955.

Baca Juga: 5 Artis Tanah Air yang Berani Tampil Hot di Instagram, Kamu Sudah Follow?

Nurnaningsih baru kembali ke dunia film layar lebar pada 1968 dan hanya mendapatkan peran kecil. Sang bintang yang sinarnya mulai redup itu lantas menekuni dunia film layar lebar hingga dekade 1980-an.

Nurnaningsih dikabarkan meninggal dunia pada 21 Maret 2004 silam pada usia 78 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya