SOLOPOS.COM - Suasana acara puncak pencarian bakat Idola Greget Soloraya di The Heritage Palace Kartasura, Sukoharjo Sabtu (20/11/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani).

Solopos.com, KARANGANYAR — Novendra asal Karanganyar menjuarai ajang pencarian bakat Idola Greget Soloraya yang audisinya digelar sejak Juli 2021.

Novendra ditasbihkan sebagai jawara dalam puncak kompetisi di panggung pamungkas bertajuk Greget Orcestra Konser yang diselenggarakan di The Heritage Palace, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (21/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Novendra ada 11 finalis lainnya yang tampil dalam acara puncak itu. Seluruh finalis nantinya diharapkan bisa menjadi duta budaya yang bisa ikut berperan melestarikan budaya jawa agar tidak hilang ditelan waktu dan zaman.

Panggung final Idola Greget 2021 yang diselenggarakan pada Sabtu malam tersebut terlihat cukup megah dan memberikan jawaban kerinduan masyarakat lantaran selama pandemi tak ada konser musik sama sekali.

Meskipun diselenggarakan cukup megah namun panitia tetap menerapkan prokes maksimal dengan membatasi jumlah penonton yang bisa memasuki gedung.

Sementara itu, penonton lainnya yang tidak bisa menonton langsung dipersilakan menikmati melalui layar di luar gedung atau live streaming.

Ketua Panitia Idola Greget Soloraya, Afri Citra Resmi, mengatakan ajang pencarian bakat tersebut ditujukan untuk mencari bakat-bakat baru di bidang olah vocal di Soloraya.

Baca Juga: Silver Show Idola Greget 2021 Cari Bibit Penyanyi Soloraya 

Tak hanya mahir memainkan nada vocal, para finalis yang dipilih juga berdasarkan sumbangsih di masyarakat khususnya di bidang pelestarian budaya Jawa.

“Pencarian bakat ini tak hanya sekedar mencari bakat di bidang olah vocal saja. Tapi juga suatu gerakan seni budaya yang diharapkan peserta itu memiliki satu tingkat kegregetan yang bermanfaat minimal di lingkungan sekitar dulu. Selain vocal ajang ini juga menilai attitude peserta juga yang akan dinilai oleh juri rahasia yang menyamar selama proses kompetisi,” jelas Afri ketika ditemui Solopos.com di sela acara.

Afri menjelaskan ajang pencarian bakat kali ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh panitia dengan skala wilayah lebih luas mencakup Soloraya. Ditargetkan, tahun depan ajang pencarian bakat tersebut bisa merambah ke tingkat provinsi Jateng.

“Tahun kemarin pada 2020, itu baru sebatas Sukoharjo saja. Untuk tahun ini pencarian bakat mencakup wilayah Soloraya. Kami harap bisa terus berkembang hingga akhirnya nanti bisa menjadi acara pencarian bakat yang mencakup nasional ke depannya,” terang dia.

Berbagai Genre

Di panggung puncak kompetisi, sebanyak 12 finalis menyanyikan lagu Jawa dengan berbagai genre.

Setelah melalui berbagai penilaian dan proses audisi yang panjang sejak Juli 2021, juara 1 kompetisi diraih Novendra yang berasal dari Karanganyar dan juara tergreget diraih oleh Kamdhani yang juga berasal dari Karanganyar.

Sementara itu, Clarita Hera Hatmisari asal Boyolali berhasil meraih juara favorit, Danang Kurniawan asal Sukoharjo menjadi juara III, dan Anom Seno Prakoso asal Solo berhasil meraih juara II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya