SOLOPOS.COM - Kondisi proyek pembangunan masjid raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan akan meresmikan miniatur Masjid Sheikh Zayed di lahan bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo, sekitar 14 sampai 17 November 2022.

Rencana itu disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib, setelah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (12/8/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Peresmian itu dirangkaikan dengan  Festival Masjid Nasional yang akan digelar di sekitar masjid melibatkan peserta seluruh Indonesia. Nanti puncaknya peresmian Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab,” kata dia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Adib
Dirjen Bimas Islam Kemenag Adib. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Selanjutnya, kata dia, kegiatan dilakukan groundbreaking Islamic Center yang berlokasi di depan miniatur masjid Masjid Sheikh Zayed. Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan  kick off program penguatan peran masjid modernisasi beragama.

Ekspedisi Mudik 2024

“Masjid sekarang sudah hampir 70% dan diperkirakan pada peresmian mencapai 100%,” jelasnya.

Adobe mengklaim progres pembangunan masjid baik dan sedang tahap pengerjaan finishing. Terowongan bakal dibangun untuk menghubungkan miniatur Masjid Sheikh Zayed dan Islamic Center.

“Pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo menyatu dengan pengelolaan Islamic Center,” ujarnya.

Ditanya mengenai relokasi untuk membangun Islamic Center, Adib menjelaskan relokasi akan diusahakan melalui proposal yang diajukan yang pendanaan menjadi satu dengan pembangunan miniatur masjid.

Sebagai informasi, ada puluhan hunian warga di kawasan lahan yang akan dibangun Islamic Center yang merupakan pemberian UEA.

Wali Kota Solo menjelaskan ada pembicaraan untuk relokasi bersama warga yang bakal terdampak terdampak. “Nanti, Kosek. Tak rampungke,” jelasnya.

“Pembicaraan pasti ada. Tak rampungke. Warga tak perlu takut,” lanjut dia.

Dia menjelaskan pembahasan pagi merupakan peresmian. Nantinya ada solusi bagi warga yang tinggal di lahan yang akan dibangun Islamic Center. 

Wali Kota Solo menambah pemimpin UEA yang akan datang pada konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 bakal datang ke Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya