SOLOPOS.COM - Gambar yang disediakan oleh Literature Translation Institute of Korea menunjukkan sampul buku Kim Ji-young, Born 1982 yang diterjemahkan dalam 10 bahasa asing yang berbeda. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Novel Kim Ji-young, Born 1982 menjadi karya sastra asal Korea Selatan yang paling populer di mancanegara selama lima tahun terakhir, menurut data Literature Translation Institute (LTI) of Korea.

Dikutip Kantor Berita Antara dari Yonhap, baru-baru ini lembaga penerjemah tersebut menyebutkan novel yang ditulis oleh Cho Nam-joo itu telah diterjemahkan ke dalam 10 bahasa berbeda dengan penjualan lebih dari 300.000 eksemplar selama periode 2016 hingga 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data LTI Korea tersebut didasarkan pada penjualan 492 terjemahan sastra Korea Selatan atau sekitar 75 persen dari total keseluruhan buku Korea yang diterbitkan di luar negeri.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bisa Ubah Perilaku, Ini Sederet Manfaat Membaca Novel

Pada 2018, terjemahan Kim Ji-young dalam bahasa Jepang juga telah terjual lebih dari 200.000 eksemplar sejak dirilis.

Tokoh dalam novel tersebut, Kim Ji-young, disebut melambangkan gambaran keseharian perempuan Korea berusia 30-an yang mengalami diskriminasi gender dalam budaya masyarakat Korea yang didominasi laki-laki. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 2016 oleh penerbit Minumsa.

Pada 2020, Kim Ji-young juga masuk daftar panjang dalam penghargaan National Book Award for Translated Literature dari AS dan Emile Guimet Prize for Asian Literature dari Prancis.

Buku tersebut telah diadaptasi menjadi film dengan judul sama yang dibintangi oleh Jung Yu-mi dan Gong Yoo. Syuting berlangsung pada awal 2019 dan dirilis pada tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya