;

Novel dan Film 5 Cm Lukiskan Keindahan Gunung Semeru, Begini Kisahnya

Tak hanya lukiskan keindahan Gunung Semeru, novel 5 cm juga menggambarkan keindahan persahabatan.
SHARE
Novel dan Film 5 Cm Lukiskan Keindahan Gunung Semeru, Begini Kisahnya
SOLOPOS.COM - Novel dan film 5 Cm lukiskan keindahan Gunung Semeru dan persahabatan. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Saat tidak meletus seperti sekarang ini, Gunung Semeru memiliki pesona tersendiri sehingga kerap dikunjungi pendaki dan diabadikan dalam lagu hingga novel berjudul 5 Cm.  Ya, gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini memang menjadi salah satu destinasi populer untuk para pendaki di Indonesia.

Seperti halnya lagu Mahameru milik Dewa 19, novel karya Donny Dirghantoro berjudul 5 Cm ini juga lukiskan keindahan dan kisah para pendaki Gunung Semeru. Karena menjadi bestseller, novel ini pun diangkat ke layar lebar.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Tak hanya lukiskan keindahan Gunung Semeru, novel 5 cm juga menggambarkan keindahan persahabatan. Dilansir dari Wikipedia pada Minggu (5/12/2021),  karya sastra yang terbit kali pertama pada 2005 ini mengisahkan tentang persahabatan lima sekawan, Zafran, Arial, Riani, Ian, dan Genta.

Baca Juga: Keindahan Gunung Semeru Diabadikan Dewa 19 Lewat Lagu Mahameru

Dikisahkan, para sahabat ini menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak jelas.

Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan untuk mendaki Gunung Semeru sampai menuju puncak yang diberi nama Mahameru.Perjalanan ini telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: Cerita Kampung Renteng Jadi Lautan Debu, Tertimbun Abu Gunung Semeru

Gunung Semeru dalam novel ini tak sekadar jadi tempelan belaka. Sejumlah lokasi yang disebut dalam cerita, berkelindan dengan eksplorasi emosi karakter-karakter di dalamnya.  Bagi pembaca yang belum pernah naik mendaki gunung ini, novel 5 Cm memperkenalkan warna-warni Semeru. Mulai dari keindahan Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta serta mitos di dalamnya, juga Puncak Mahameru yang menantang tapi juga menyisipkan kepuasan dan rasa haru saat berhasil mencapainya.

Baca Juga: Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Kemudian  novel 5 Cm yang lukiskan keindahan Gunung Semeru dan persahabatan ini diangkat menjadi film berjudul sama yang disutradarai Rizal Mantovani.   Film yang rilis pada 2012 ini dibintangi oleh nama-nama kondang di Indonesia, seperti Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Saykoji, Raline Shah, dan Pevita Pearce.  Film Indonesia ini berhasil dinominasikan untuk 5 kategori dalam Piala Citra dan memenangi kategori Pengarah Sinematografi Terbaik di Festival Film Indonesia 2013.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago