SOLOPOS.COM - Petugas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar membersihkan ruangan yang dipakai untuk menempatkan gamelan peninggalan dalang Ki Manteb Soedharsono, Selasa (9/11/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pariwisata dan seni pertunjukan Kabupaten Karanganyar bergeliat di tengah pandemi Covid-19.

Pelaku wisata dan seni pertunjukan Kabupaten Karanganyar berupaya bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu kabupaten/kota yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai kabupaten kreatif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai mempersiapkan sarana dan prasaranan penunjang untuk mewujudkan predikat itu. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengaku terkejut mendapat pengumuman tersebut.

Baca Juga : Ini Tempat Wisata di Semarang yang Menarik Dikunjungi, Ada Pantai Hlo!

”Saya malah baru dengar tadi pagi kalau kita [Kabupaten Karanganyar] masuk nominasi sebagai kabupaten/kota kreatif dalam seni pertunjukan,” kata Titis seperti dilansir website Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/11/2021).

Titis mengungkapkan Disparpora Karanganyar sudah mempersiapkan tempat dan alat mendukung pertunjukan bagi seniman, maupun kelompok kebudayaan di Karanganyar. ”Alat untuk syuting, kami lengkap. Kemudian, sejumlah lokasi sudah disiapkan, seperti Karangpandan, Colomadu. Nanti Gedung Teater. Saat ini tahap penyelesaian pembangunan,” jelas dia.

Titis merencanakan semua pertunjukan seni dan budaya bisa diselenggarakan di Gedung Teater jika gedung tersebut rampung. Gedung Teater Karanganyar berada di pusat kota, tepatnya di kompleks Gedung Wanita Karanganyar.

Baca Juga : Menanti Kolaborasi DFL dan Gamelan Jawa di Pemanasan Rock In Solo 2021

Titis optimistis Gedung Teater dapat membangkitkan gairah wisata dan seni pertunjukan Karanganyar di masa pandemi Covid-19. Kapasitas gedung 1.000 orang.

”Ini baru diselesaikan. Akhir tahun ini diharapkan bisa diresmikan dan bisa untuk kegiatan pentas atau pertunjukan,” tutur dia.

Ditemui secara terpisah, Kasi Ekonomi Kreatif Disparpora, Achmad Dhani, mengungkapkan penunjukan itu melalui surat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) No.B/KB.03.00/1999/DPDI.3/2021 pada Oktober.

Baca Juga : Kocak! Susu Kerbau Perah Mampet, Peternak Ini Lapor ke Polisi

Surat tentang Penetapan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia. Pihaknya telah mengumpulkan stakeholder, komunitas, dan paguyuban untuk menjawab kuesioner dari kementerian.

”Kami sudah bahas bersama dengan teman-teman komunitas, pengembang wisata, dan paguyuban seni budaya di Karanganyar. Sebetulnya kami usul seni pertunjukan dan kuliner. Tetapi [pemerintah] pusat menghendaki Karanganyar fokus seni pertunjukan. Di dalam seni pertunjukan juga melibatkan pelaku wisata, ekraf [ekonomi kreatif] di Karanganyar,” jelas Dhani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya