SOLOPOS.COM - Mobil listrik Nissan Leaf 2022 (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Nissan salah satu perusahaan pembuat kendaraan listrik murah dikabarkan akan menyuntuk mati produk mobil listrik mereka, Nissan LEAF.

Dikutip dari Antara yang mengacu pada laporan Automotive News, Nissan mungkin akan menyuntik mati Nissan LEAF dan tidak berencana memperkenalkan versi generasi mobil listrik tersebut.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Produksi LEAF saat ini akan berakhir pada pertengahan dekade. Seorang juru bicara Nissan menolak untuk berspekulasi tentang masa depan LEAF.

Kendati demikain dia mengatakan bahwa perusahaan telah mencatat minat “baru” pada model itu di tengah permintaan yang tinggi untuk EV.

“Kami melihat minat baru pada LEAF dengan meningkatnya permintaan untuk EV dan proposisi nilai keseluruhannya,” kata juru bicara Nissan Stephen Oldham kepada The Verge dikutip pada Senin (18/7/2022).

Baca juga: Serba-serbi Hyundai Stargazer, Harga dan Spesifikasi

Dia menjelaskan bahawa sejak diluncurkan, LEAF secara konsisten memberikan kepuasan pelanggan yang kuat dan pembeli baru ke Nissan.

Jika Nissan benar-benar menghentikan LEAF, maka itu menjadi kendaraan berukuran kompak terbaru yang menjadi korban dari selera pembeli mobil Amerika yang lebih menyukai tipe SUV besar dan truk.

Nissan LEAF saat ini adalah satu-satunya mobil listrik yang dijual Nissan di AS. Namun, akhir tahun ini, Nissan dilaporkan akan merilis Ariya, SUV crossover listrik baru dengan jangkauan hingga 300 mil.

Mobil listrik Ariya dilaporkan akan lebih mahal daripada LEAF. Harnya mulai dari sekitar 47 ribu dolar AS, sementara LEAF dibanderol mulai 27.400 dolar AS.

Baca juga: Apakah Stut Motor Mogok Bisa Kena Tilang? Ini Penjelasannya Lur

Kendati sebagai mobil listrik dengan harga yang terjangkau, Nissan LEAF dilaporkan tidak mencatatkan penjualan yang cukup baik.

Pertama kali dirilis pada 2010, Nissan hanya menjual sekitar 170.000 LEAF di AS selama dekade terakhir. Namun, Nissan mengatakan pada 2020 sebanyak 500.000 unit LEAF telah terjual secara global.

Hal ini dinilai cukup jauh jika dibandingkan dengan jumlah total kendaraan Tesla yang dijual di AS hanya di tahun 2022 saja yang mencatatkan sebanyak 564.743 unit.

Baca juga: Tragis! Bocah Balita di Grobogan Tengelam di Kubangan Air Cakar Ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya