Nikmatnya Sate Loso Pemalang, Resep Warisan Nenek Moyang
Solopos.com|jateng

Nikmatnya Sate Loso Pemalang, Resep Warisan Nenek Moyang

Sebagai negara dengan keragamaman jenis kuliner, Indonesia memiliki ragam jenis sate yang melimpah karena hampir setiap daerah memiliki sate khas dan tidak terkecuali Pemalang

Solopos.com, PEMALANG -- Sebagai negara dengan keragamaman jenis kuliner, Indonesia memiliki ragam jenis sate yang melimpah karena hampir setiap daerah memiliki sate khas dan tidak terkecuali Pemalang, Jawa Tengah.

Selain memiliki nasi grombyang yang mirip dengan hidangan jenis soto atau rawon, Pemalang juga memiliki hidangan sate yang rasanya tidak kalah enak dengan sate-sate pada umumnya di setiap daerah. Sate loso, sate khas Pemalang ini konon muncul dari sosok bernama Pak Loso yang berasal dari Weleri dan sudah berjualan sate ini sejak jaman kolonial Belanda.

Melansir dari situs Jatengprov.go.id, Senin (14/6/2021), resep Sate Pak Loso ini merupakan resep warisan dari generasi ke generasi hingga  tempat yang menjajakan sate loso ini pun tidak hanya keturunan dari Pak Loso, tapi juga warga Pemalang lainnya.

Ilustrasi Penjual Sate Loso Pemalang
Ilustrasi Penjual Sate Loso Pemalang (Sumber:Jatengprov.go.id)

Baca Juga : Berwisata Pantai Widuri Pemalang Jangan Lupa Lontong Tempe

Namun ada warung sate loso yang masih berasal dari garis keturunan Pak Loso, yaitu Sate Loso Pak Mul yang berlokasi di Jl. Urip Sumaharjo, Pemalang. Masih di jalan yang sama, warung sate loso lain yang juga masih satu garis keturunan dengan Pak Loso adalah RM Sate Loso Pah In.

Selain dari kedua tempat tersebut, sate loso ini bisa ditemui di beberapa sudut Kabupaten Pemalang, yakni Jl. RE Martadinata di sebelah utara Alun-Alun Pemalang.  Seperti Nasi Grombyang dan Sate Kudus, sate loso ini menggunakan daging kerbau tapi juga bisa menggunakan daging sapi yang kemudian dibumbu bacem terlebih dahulu sebelum dibakar.

Saat disajikan, sate ini disiram dengan bumbu kacang berwarna merah yang lembut dan rasanya sangat khas. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang yang dihaluskan ditambah dengan bumbu-bumbu dari cabe merah sehingga warna sausnya lebih terlihat kemerah-merahan.

Baca Juga : 2 SMA Negeri di Pemalang Masuk 1.000 Sekolah Terbaik

Uniknya, sate ini juga bisa dihidangkan dengan sejenis  sup yang berisi urat, tulang muda dan tauge. Dagingnya sendiri sangat lunak karena mengambil daging bagian dalam sehingga tidak perlu repot-repot menggigit keras-keras. Harga per porsi sate ini dibanderol Rp 25.000 berisi 10 sate loso.

Berdasarkan pantuan beberapa laman Instagram dan kanal  Youtube, biasanya penikmat sate loso ini selalu menambah menu nasi untuk disantap bersama dengan sate loso yang memiliki tekstur daging yang tebal dan empuk ini. Perpaduan daging dengan bumbu manis, gurih dan pedas dari saus dicampur dengan hangatnya nasi semakin menambah kenikmatan dari sate loso ini.

Salah satu penikmat dari sate loso mengaku sangat menyukai tekstur daging kerbau yang menjadi khas sate loso. Menurutnya, sate loso daging kerbau memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dibadingkan sate jenis daging lainnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago