Nikmatnya Sate Bumbon Khas Kendal, Bumbu Rempahnya Nampol Lur!

Kuliner khas Kedal sate bumbon mirip dengan sate maranggi, hanya saja kekuatan rasanya adalah manis dan gurih.
Nikmatnya Sate Bumbon Khas Kendal, Bumbu Rempahnya Nampol Lur!
SOLOPOS.COM - Sate Bumbon (Sumber: Okezone.com)

Solopos.com, KENDAL – Biasanya, sajian satai atau dikenal dengan sebutan sate, dibakar dengan menggunakan bumbu sambal kacang dan kecap. Namun berbeda dengan sate khas Kabupaten Kendal ini. Bernama sate bumbon, kuliner ini dibakar menggunakan bumbu-bumbu rempah, seperti jahe, kemiri, dan bawang putih.

Tidak hanya itu saja, terdapat puluhan bahan rempah lainnya yang turut diracik dan kemudian ditumbuk sebagai bumbunya. Tak salah jika banyak orang menyebut sate bumbon sebagai makanan yang memiliki rasa rempah yang kuat.

Mengutip Okezone.com, Selasa (21/9/2021), sate bumbon ini mirip dengan sate maranggi, hanya kekuatan rasanya adalah manis dan gurih. Makanan ini pernah direkomendasikan oleh Putri Indonesia Pariwisata 2013, Nabila Shabrina. Dirinya mengatakan jika ada yang berkunjung ke Kabupaten Kendal, jangan lupa untuk mencicipi sajian khas Kabupaten Kendal ini.

Baca Juga: Profil Yuliyanto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Nabila juga memberikan rekomendasi tempat makan yang menjual sate bumbon, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Jatiarum. Sate bumbon ini awalnya berasal dari daerah pegandon pada masa penjajahan Jepang. Orang pertama yang berjualan pertama kali di daerah pegandon adalah Sarlan.

Beliau saat berjualan sate sempat dicegat oleh tentara Jepang untuk dijadikan prajurit namun dirinya berani menolak dan kabur. Untuk menghindari cegatan dari tentara Jepang ini, Sarlan berhenti berjualan hingga dirinya kembali berjualan lagi tahun 1977.

Singkat cerita, Sarlan meninggal dunia. Bumbu sate bumbon ini kemudian dijadikan pedoman membuat satai hingga akhirnya menjadi satai khas Kabupaten Kendal. Nama ‘bumbon’ sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti bumbu rempah.

Baca Juga: Sego Megono Khas Pekalongan Versi Sehat Cocok Buat Diet, Yuk Coba

Daging yang digunakan di sate bumbon ini adalah daging sapi segar. Sebelum dibakar, daging dicampuri bumbu rempah-rempah. Satai ini memiliki rasa rempah yang kuat dan aromanya pun sangat sedap ketika matang.

Selain itu, sate bumbon ini sangat cocok dimakan dengan lontong kemudian disiram dengan sambal kacang seperti menu satai pada umumnya. Kebanyakan, orang menyantap sate bumbon ini saat perayaan Hari Raya Idulfitri dan Hari Raya Iduladha.

Salah satu warung sate bumbon yang terkenal adalah Sate Bumbon Pak Darmaji. Warung ini buka sejak pagi pukul 08.00 hingga jam 17.00 WIB. Lokasi warung ini berada di Penyangkringan, Kecamatan Waleri, Kabupaten Kendal. Satu porsinya dijual dengan harga Rp20.000.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago