[ X ] CLOSE

Nikmatnya Kopi Santan Khas Blora Favorit Pejabat

Kopi khas Kabupaten Blora ini memiliki keunikan dari cara pembuatannya, yakni dengan menambahkan santan yang membuat kopi lebih nikmat.
Nikmatnya Kopi Santan Khas Blora Favorit Pejabat
SOLOPOS.COM - Kopi santan khas Banyumas. (Youtube/Dyodoran)

Solopos.com, BLORA — Kopi menjadi minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat. Kandungan kafein dan rasanya yang nikmat biasanya menjadi teman begadang atau minuman di pagi hari. Kopi juga mempunyai banyak varian sehingga tidak membosankan untuk diminum seperti kopi santan khas Blora, Jawa Tengah.

Kopi santan ini merupakan kopi legendaris di Kabupaten Blora. Warung kopi santen Mbah Sakijah berdiri sejak 1980-an sekaligus penemu pertama kopi khas Blora.

Baca Juga: Mantap! Getuk Singkong Take Tawangmangu Tembus Pasar Mancanegara

Kopi ini unik karena cara penyajian diberi tambahan santan atau kelapa cincang. Kopi yang digunakan kopi arabica dengan kopi nangka. Kopi ini tidak menggunakan campuran air melainkan hanya dengan santan.

Lokasi warung kopi Mbah Sakijah berada di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Tempatnya masuk gang sempit dan melewati area sawah. Namun banyak pengunjung yang ingin mencoba kopi legendaris khas Blora ini. Para pejabat yang berkunjung ke Blora juga sering mampir ke warung kopi santen ini.

Seperti informasi yang dihimpun dari video Youtube di channel Dyodoran berjudul Mbah Sakijah Penemu Kopi Santan Kuliner Blora Sejak 1980-an, Senin (21/6/2021), warung kopi santan ini sekarang dikelola generasi ke-III Mbah Sakijah. Warung ini buka mulai 5.30 WIB hingga 22.00 WIB.

Baca Juga: Beda dengan Solo, Gurihnya Serabi Khas Blora Kaya Rasa Kelapa

Pemilik channel Dyodoran menyebut kopi satu ini nikmat dengan campuran santan dan kopi nangka. ”Semlidut lezatos kotos-kotos, hot legender kalo ini, manis, kopinya itu ada terasa santennya ada manis-manis si nangkanya lur, itu sangat unik dan aku beru pertama mencoba” ungkap Dyo.

Selain menikmati kopi, pengujung bisa menikmati makanan pasar atau tenongan yang banyak varian. Harga kopi santan dibanderol Rp5.000 dan pengunjung juga bisa menikmati fasilitas wifi.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Netizen yang pernah menikmati kopi di warung ini mengakui kenikmatan kopi Mbah Sakijah. “Rumahku ini Blora wehehe kopinya enak apalagi yang agak pahit semlidut,” komentar Hera Wisnu.

Ada juga netizen yang ingin mencoba kopi santan setelah melihat video Youtube Dyodoran. “Wah sedapnya kopi santan di Blora wah segar tenan, kepengen,” komentar Chan Khim Siah.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago