SOLOPOS.COM - Anwar Usman (JIBI/bisnis)

Solopos.com, SOLO — Menikahi adik Jokowi, Idayati, hari ini, Kamis, 26 Mei 2022 di Solo, Jawa Tengah, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, ternyata pernah main film pada 1980.

Hal ini bermula dari kecintaan dia dengan teater. Selama menjadi mahasiswa, Anwar aktif dalam kegiatan teater di bawah asuhan Ismail Soebarjo. Selain sibuk dalam kegiatan perkuliahan dan mengajar, Anwar tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian, dia percaya untuk bermain film yang dibintangi oleh Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan dan Rini S. Bono besutan sutradara ternama Ismail Soebarjo pada 1980 dengan judul Perempuan dalam Pasungan. 

“Saya hanya mendapat peran kecil, namun menjadi suatu kebanggaan bisa menjadi anak buah sutradara sehebat Bapak Ismail Soebarjo, apalagi film yang berjudul Perempuan dalam Pasungan menjadi film terbaik dan mendapat Piala Citra,” ujar Ketua MK Anwar Usman dalam laman resmi Mkri.id yang dikutip Solopos.com pada Kamis, 26 Mei 2022.

Baca Juga:  Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Jadi Guru Honorer

Akan tetapi, keterlibatannya dalam film yang meledak pada 1980 tersebut ternyata menuai kritikan dari orang tuanya.

“Ketika film itu meledak, sampailah film itu ke Bima. Kebetulan di film itu ada adegan saya jalan berdua seorang wanita di Pasar Cikini, orang-orang di kampung saya, heboh semua. Padahal di film itu saya hanya sebagai penggembira saja. Ketika Bapak saya tahu, saya dimarahi. Kata beliau, ‘Katanya ke Jakarta untuk kuliah, ini malah main film’,” tambah dia.

Baca Juga:  Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Sebelum menjadi Ketua MK, Anwar Usman diketahui sebagai Wakil Ketua MK selama dua periode, yakni 14 Januari 2015-11 April 2016 dan 11 April 2016-2 April 2018. Setelah itu, dia terpilih sebagai Ketua MK dari 2 April 2018 hingga sekarang.

Sebagai informasi, sebelum memutuskan menikah hari ini dengan adik Jokowi, Anwar Usman mengenal Idayati baru tujuh bulan lamanya. Mereka ternyata diperkenalkan oleh seorang teman pada Oktober 2021 lalu.

Baca Juga:  Alumni SMA Tertua Indonesia di Jateng, dari Pejabat Negara hingga Artis

Dari perkenalan tersebut, benih-benih cinta antara mereka tumbuh hingga akhirnya Anwar Usman memutuskan melamar Idayati pada 12 Maret 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya