SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali menyiapkan lokasi parkir khusus untuk puluhan pesawat carter yang digunakan tamu undangan tasyakuran nikahan Kaesang-Erina, Minggu (11/12/2022).

Pesawat carter yang mengangkut tamu undangan itu diperkirakan mendarat di bandara tersebut secara bergelombang. Puluhan pesawat jet pribadi atau carter sudah mendaftar untuk parkir di Bandara Adi Soemarmo pada pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pesawat carter itu mengangkut tamu undangan yang hendak menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu.

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Gerrie Razzaq, mengatakan lebih dari 30 pesawat jet pribadi atau carteran dipastikan telah mengajukan permohonan parkir di bandara.

“Kemarin, ada 30 pesawat jet pribadi atau carteran yang sudah mengkonfirmasi bakal parkir di bandara. Hari ini [Jumat] bertambah dua pesawat lagi,” katanya saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Hindari Mangkunegaran Solo saat Nikahan Kaesang-Erina, Ini Jalur Pengalihannya

Menurut Gerrie, beberapa pesawat jet pribadi yang mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina telah tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Kamis (8/12/2022). Kemungkinan, sebagian besar pesawat jet pribadi mendarat di bandara tersebut pada H-1 atau Sabtu (9/12/2022).

Namun, Gerrie tidak mengetahui secara detail identitas tamu undangan yang menggunakan pesawat jet pribadi tersebut. “Yang lebih paham dari arlines atau maskapai penerbangan. Kami hanya menerima permohonan untuk menyiapkan parkir pesawat carteran,” ujarnya.

Soal pengamanan bandara, Gerrie memastikan diperketat selama acara tasyakuran nikahan Kaesang-Erina berlangsung. Pengamanan bandara melibatkan personel gabungan dari TNI-Polri.

Baca Juga: Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

Lebih jauh, Gerrie menambahkan ada maskapai penerbangan yang telah mengajukan penggantian tipe pesawat dengan kapasitas penumpang lebih besar.

“Untuk tipe dan kapasitas pesawat yang diganti belum dilaporkan secara detail. Namun, memang ada satu maskapai penerbangan yang mengajukan permohonan penggantian tipe pesawat,” ujar dia.

Seperti diketahui, setelah menjalankan akad nikah di Sleman, DIY, pada Sabtu (10/12/2022), Kaesang dan Erina akan melanjutkan menggelar tasyakuran tepatnya di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022). Sebanyak 6.000 undangan telah disebar yang meliputi mulai dari kepala negara hingga pedagang angkringan di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya