SOLOPOS.COM - Desain kawasan Ngarsapura, Solo, Senin (25/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pasar Malam atau Night Market Ngarsopuro yang biasanya digelar di sepanjang Jl Diponegoro, Ngarsopuro, Solo, akan dipindahkan sementara mulai Sabtu (16/7/2022) ke Jl Bhayangkara, Sriwedari, Solo.

Pemindahan night market dikarenakan adanya proyek penataan kawasan koridor pedestrian Ngarsopuro hingga Jl Gatot Subroto atau Gatsu. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo Nur Basuki mengatakan proyek penataan kawasan itu segera dimulai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nur mengatakan proyek penataan berlangsung satu tahun anggaran, artinya tahun ini ditargetkan rampung. Namun ia belum mendapat konfirmasi kapan konstruksi dimulai.

Kepala DPUPR Solo belum bersedia menjelaskan teknis pekerjaan dengan alasan proyek yang membuat Night Market Ngarsopuro dipindah sementara itu merupakan kewenangan Kementerian PUPR. “Itu pekerjaan dari kementerian. Kurang tepat kalau saya yang bicara,” katanya melalui pesan Whatsapp, Kamis (14/7/2022) pagi. 

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di laman https://lpse.pu.go.id/ terdapat nama paket  Penataan Kawasan Koridor Pedestrian Kota Solo. Pagu anggarannya Rp39 miliar.

Baca Juga: Pengumuman! Night Market Ngarsopuro Solo Pindah Lur, Ini Lokasinya

Sementara jumlah peserta lelang ada 149 di mana 18 di antaranya mengajukan penawaran. PT Wita Surya Sarana yang beralamat Jl Gedongsongo Timur No 42, Manyaran, Semarang, menjadi pemenang lelang. Harga penawarannya Rp30.322.742.650,20.

Rapat Dengan Pedagang

Sebelumnya, Dinas Koperasi (Dinkop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Perindustrian Kota Solo menginformasikan Night Market Ngarsopuro pindah lokasi ke Jl Bhayangkara, Sriwedari, Laweyan, Solo, mulai akhir pekan ini.

Pengumuman itu disampaikan melalui unggahan akun Instagram @dinkopukmperinsurakarta, Selasa (12/7/2022). Pasar malam tiap Sabtu itu selama ini digelar di Jl Diponegoro, Kelurahan Keprabon, Banjarsari.

Baca Juga: Gibran: Night Market Ngarsopuro Solo Diperpanjang sampai Jl Gatsu

“Sehubungan dengan adanya Pekerjaan Penataan Kawasan Koridor Pedestrian Kota Surakarta yang meliputi Koridor Ngarsopuro dan JL,Gatot Subroto Kota Surakarta. Lokasi Baru Night Market Ngarsopuro bertempat di JL. Bhayangkara,Sriwedari,Laweyan,Kota Surakarta,” tulis akun Instagram @dinkopukmperinsurakarta.

Kepala Dinkop UKM Kota Solo, Wahyu Kristina, mengatakan night market kemungkinan akan kembali ke Ngarsopuro setelah penataan koridor Ngarsopuro dan Gatsu selesai. Hal itu mengingat nama event Night Market Ngarsopuro sudah begitu lekat dengan lokasi penyelenggaraannya, yakni Koridor Ngarsopuro.

Ina menambahkan Dinkop UKM Solo juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Paguyuban Pedagang Night Market Ngarsopuro terkait pemindahan lokasi tersebut. “Sudah [ada pemberitahuan kepada pedagang]. Kami sudah rapat koordinasi,” jelas Ina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya