SOLOPOS.COM - Night Market Ngarsapura (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membuka kembali Night Market Ngarsopuro, Sabtu (9/4/2022). Pasar malam yang memajang produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Bengawan itu sudah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi, aktivitas perdagangan di pasar malam di depan Pura Mangkunegaran tersebut diklaim memberikan banyak manfaat bagi kalangan pelaku UMKM. Total omzet Night Market tersebut konon bisa mencapai sekitar Rp200 juta dalam semalam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina, menjelaskan dinasnya telah berkoordinasi dengan paguyuban UKM, Selasa (5/4/2022). Night Market bakal beroperasi mulai pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Baca Juga: Kabar Gembira! Night Market Ngarsopuro Solo Aktif Lagi Pekan Depan

Ekspedisi Mudik 2024

“Ada paguyuban sekitar 200 UKM. Nah paguyuban sudah ada namun dua tahun [night market tutup] nanti kami list [daftar] lagi, apakah ada yang harus digantikan. Namun laporan paguyuban aktif dan menunggu buka lagi,” katanya.

Ina, sapaannya, mengatakan sesuai aturan lama sebelum pandemi, tersedia 20 persen kuota untuk pedagang ber-KTP luar Solo di Night Market Ngarsopuro. Namun, info terakhir tinggal menyisakan separuhnya atau 10 persen. Pedagang yang terdaftar menjadi prioritas.

“Ya berat buat mereka selama tutup. Selama ini night market menjanjikan, konon omzetnya mencapai Rp200 juta/malam. Dirata-rata satu pedagang omzetnya Rp1 juta per malam,” ungkapnya.

Baca Juga: Night Market Ngarsopuro Solo sampai Jl Gatsu, Parkir di Mangkunegaran

Hiburan Akustik

Menurut Ina, berbagai produk akan dipasarkan di night market, antara lain kerajinan, produk fashion, dan kuliner. Pemkot Solo mendapatkan sponsor untuk hiburan akustik guna meramaikan pasar malam.

Selama night market buka, koridor Ngarsopuro atua Jl Diponegoro akan ditutup dari arus lalu lintas kendaraan. Sepeda motor pengunjung bisa parkir di ujung selatan atau utara Jl Diponogoro.

Pilihan parkir mobil kemungkinan di sekitar gedung MTA atau lahan parkir Pura Mangkunegaran. Pemkot Solo sedang berkoordinasi dengan Pura Mangkunegaran terkait hal itu.

Baca Juga: Gibran: Night Market Ngarsopuro Solo Diperpanjang sampai Jl Gatsu

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan night market rencananya berlangsung selama Ramadan. Pemkot Solo bakal mengevaluasi pasar malam Sabtu (9/4/2022) apakah dilanjutkan Sabtu depannya atau tidak. “Night market beda konsep dengan Semarak Ramadan,” jelasnya.

Sebelumnya, sekitar 200 pelaku usaha mikro dengan produk kuliner mulai berjualan di pasar takjil Semarak Ramadan di area parkir Benteng Vastenburg, Selasa (5/4/2022). Pasar takjil beroperasi mulai pukul 15.00 WIB sampai 18.30 WIB setiap hari sampai tanggal 28 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya