SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Muharram adalah berpuasa, yang bacaan niatnya ada di bawah ini.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bahkan, Muharram dijuluki sebagai syahrullah alias bulan Allah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU online, Muharram dikatakan mulia karena terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan umat muslim, yakni berpuasa.

Puasa Muharram ada tiga jenis, yakni pada tanggal 10 Muharram beserta satu hari sebelum juga sesudahnya, yakni 9 dan 11. Kedua, puasa di hari ke-9 dan ke-10. Ketiga, puasa di hari ke-10 saja.

Baca Juga: Jadi Rebutan, Mitos Kotoran Kebo Bule di Kirab Malam 1 Sura Kraton Solo

Dalam melaksanakan puasa sunah Muharram, umat muslim bisa membaca niat berikut ini.

Nawaitu shaumal Muharrami lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’ aalaa.

Baca Juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Semua Dibaca 3 Kali

Sebagaimana puasa sunnah lainnya, niat puasa Muharram dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang sebelum masuk waktu zawaal (saat Matahari tergelincir ke barat), dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh.

Baca Juga: Hukum Senam Yoga dalam Islam, Haramkah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya