Nggak Ribet, Konsep Desain Interior Satu Ini Paling Diminati
Solopos.com|lifestyle

Nggak Ribet, Konsep Desain Interior Satu Ini Paling Diminati

Minimalis adalah tren desain yang dimulai pada abad ke-20 dan berlanjut hingga sekarang. Desain minimalis adalah desain yang menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Solopos.com, JAKARTA - Konsep desain interior minimalis rupanya masih menjadi pilihan masyarakat dalam menata tempat tinggal mereka. Arsitek Yuke Ardhiati menilai desain minimalis masih menjadi tren arsitektur pada tahun ini dan paling diminati.

Hal itu dilatarbelakangi faktor gaya hidup yang simpel dan tidak mau ribet.  Sehingga sebagian masyarakat memilih desain ini. Minimalis adalah tren desain yang dimulai pada abad ke-20 dan berlanjut hingga sekarang. Desain minimalis adalah desain yang menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

"Style bangunan yang disenangi milenial itu yang simpel. Kalau terlalu banyak ornamen, sulit untuk memelihara dan mahal," ujarnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 6 Hal di Ruang Tamu Ini Bikin Interior Properti Makin Ciamik

Simpel tetapi bukan berarti simplicity. Seperti kata Yuke bahwa arsitektur desain minimalis tetap bisa memakai desain unik dengan memasukan unsur cahaya dan penghawaan. Ya, seiring waktu konsep rumah yang simpel namun terlihat lapang dengan penghematan energi disukai kaum milenial.

Pola Ruang Multifungsi

Penggunaan kaca besar pengganti dinding atau jendela panjang menjadi pilihan. Selain mampu menerangi ruangan dengan cahaya matahari sehingga minim penggunaan lampu, pengaplikasian ini menciptakan penghawaan yang baik karena adanya sirkulasi udara.

Di masa pandemi virus seperti sekarang ini, pertukaran udara di rumah memang menjadi sangat penting. Seiring dengan itu, pola ruang yang tren yakni adanya multifungsi. Misalnya menjadikan ruang tamu sekaligus ruang makan dan tempat untuk belajar. Penempatan meja besar bisa dilakukan untuk melakukan tiga hal itu.

Baca Juga: Tips Membersihkan Interior Mobil dari Ancaman Virus Corona

"Seperti rumah betawi zaman dulu, bisa untuk makan, bertamu, tetapi didekatkan jendela," sebutnya. Di ruang tamu itu, juga bisa ditempatkan area kecil sebagai ruang kerja daring. "Tren sekarang ruang multifungsi tapi fungsi utamanya untuk kerja," imbuhnya.

Idealnya, lanjut Yuke, dapur bisa ditempatkan di area depan, sejajar dengan ruang tamu yang dimultifungsikan. Jadi ketika penghuni rumah ingin masuk, dia bisa melalui pintu dapur, kemudian membersihkan diri di toilet yang berada di dekat area itu, baru bisa masuk ke ruangan lain.

Penting menjaga kebersihan diri sebelum masuk ke rumah untuk pencegahan virus beredar di tempat tinggal kita. Menurut Yuke, desain minimalis namun multifungsi ini juga cocok pada tipe rumah 21 meter dengan menambah loteng untuk kamar tidur anak atau area bersantai.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago