SOLOPOS.COM - Rijal Torres (istimewa)

Solopos.com, SOLO—Striker anyar Persis Solo, berpotensi masuk dalam gerbong pemain Timnas yang akan mengikuti pemusatan latihan di Jakarta mulai 1 Mei 2021.

Hal tersebut tak lepas dari permainan moncer penyerang berjuluk Torres itu di Piala Menpora 2021. Jika Rijal Torres benar-benar dipanggil Timnas, dia akan menjadi pemain Persis pertama yang membela Timnas senior dalam dua dekade terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pintu Rijal ke Tim Garuda bisa dibilang amat terbuka lantaran Shin Tae-yong dan timnya turut memantau Piala Menpora.

Pelatih Timnas asal Korea Selatan itu memberi isyarat pemain yang tampil oke di turnamen pramusim berpeluang dipanggil. Rijal sendiri sejauh ini menjadi top scorer Piala Menpora dengan torehan empat gol.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Manchester City Lolos Ke Semifinal Liga Champions Usai Gandakan Agregat Atas Dortmund

Penampilan sensasional itu kemudian membuat Laskar Sambernyawa langsung memboyongnya dari Persiraja Banda Aceh.

Tokoh Pasoepati Pasar Kliwon, Sapta Oox, mendukung penuh Assanur Rijal agar dapat mencatatkan debutnya di Timnas. Menurut Sapta, bergabungnya Rijal ke tim asuhan Shin Tae-yong akan memberi kebanggaan bagi para suporter Persis dan Kota Solo secara umum.

“Tentu kami bangga jika Assanur Rijal ikut dipanggil pemusatan latihan. Sudah lama sekali tidak ada pemain Persis yang berseragam Timnas senior,” ujar Sapta saat dihubungi Solopos.com, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Enggan Kecolongan Lagi, Persiraja Ingin Pertahankan Quba Dari Godaan Persis Solo

Langkah Awal Berkontribusi

Sebagai informasi, kali terakhir Persis menyumbang pemain untuk Timnas adalah pada tahun 2007. Kala itu Pelatih Ivan Kolev memanggil Rudi Widodo dan Harry Saputra untuk mengikuti Pra Piala Dunia 2010.

Setelah itu praktis tak ada penggawa Laskar Sambernyawa yang dilirik Timnas senior. Adha Nurrokhim sempat mengejutkan dengan menembus Timnas U-19 besutan Indra Sjafri di Piala AFF U-18 2017. Sapta Oox menilai kehadiran Assanur Rijal bisa menjadi langkah awal Persis untuk kembali berkontribusi pada Timnas.

“Kami melihat Rijal pantas diberi kesempatan. Namun itu semua tergantung kebutuhan pelatih,” imbuh Sapta.

Baca Juga: Begini Usir Kantuk Setelah Sahur, Caranya Mudah Kok!

Di sisi lain, Persis berpotensi kehilangan Rijal dalam masa persiapan kompetisi apabila sang pemain benar-benar dipanggil Timnas. Dilansir pssi.org, Timnas bakal berkumpul mulai 1 Mei hingga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia di Grup G melawan Uni Emirat Arab pada 11 Juni. Sementara Liga 2 2021 dijadwalkan bergulir awal Juli. Artinya Rijal punya waktu cukup mepet untuk gabung latihan bersama Laskar Sambernyawa.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pemain yang mengikuti pemusatan latihan bakal diumumkan akhir April atau usai final Piala Menpora.

“Sebelum bertanding di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas menjadwalkan uji coba lawan Afghanistan pada 25 Mei.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya