[ X ] CLOSE

Ngeri, Inilah Detik-Detik Kebakaran Hanguskan Gudang Tiner Sragen

Seorang penjaga gudang sempat berlari ke permukiman warga dalam kondisi luka bakar untuk meminta tolong saat terjadi kebakaran gudang tiner Sragen.
Ngeri, Inilah Detik-Detik Kebakaran Hanguskan Gudang Tiner Sragen
SOLOPOS.COM - Personel BPBD Sragen dan Damkar memadamkan api di gudang minyak tiner Jalan Solo-Sragen, Sukorejo, Duyungan, Sidoharjo, Sragen, Jumat (21/5/2021) dinihari. (Istimewa-BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga orang mengalami luka bakar akibat terjadinya kebakaran gudang minyak tiner yang terletak di Jl. Solo-Sragen, tepatnya di Dukuh Sukorejo RT 023, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen, Jumat (21/5/2021) dinihari.

Salah seorang penjaga gudang sempat berlari ke permukiman warga dalam kondisi luka bakar untuk meminta tolong saat terjadi kebakaran hebat di gudang tiner itu.

Ketua RT 023 Dukuh Sukorejo, Duyungan, Sidoharjo, Sragen, Budi Rahayu, 43, menyampaikan salah satu penjaga gudang yang juga warga Sukorejo, Daryono, sempat berlari ke perkampungan seraya meminta tolong kepada warga.

Baca juga: Gudang Tiner Sragen Terbakar Bikin 3 Orang Terluka, Begini Kejadiannya

“Saya tidak ingat jam berapa. Saat itu kondisi Daryono atau Daryanto itu mengalami luka bakar yang mengkhawatirkan. Kami tidak tega melihatnya. Saat itu api sudah terlihat dari perkampungan,” ujar Budi saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat pagi.

Dia mengatakan istrinya langsung meminta bantuan di grup Whatsapp Sidoharjo dan menghubungi pemadam kebakaran. Dia melanjutkan oleh warga Daryono dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Masaran.

“Untuk dua korban lainnya tidak tahu. Kemungkinan juga dievakuasi warga dibawa ke RS PKU juga. Untuk kejadian lainnya tidak tahu,” ujarnya.

Identitas Korban

Sementara itu, petugas Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen, Heru Suharto, menyampaikan ketiga korban kebakaran terdiri atas Daryono, 34, warga Sukorejo RT 023, Duyungan, Sidoharjo, Sragen; Tri Mariyanto, 21, warga Dukuh Mojoroto, Singopadu, Sidoharjo, Sragen; dan Ngadiyo, 40, warga Dukuh Bakungan, Purwosuman, Sidoharjo, Sragen.

“Daryono dan Tri Mariyanto mengalami luka bakar 80%. Ngadiyo mengalami luka bakar 50%,” ujar Heru.

Dia menjelaskan ketiga korban dievakuasi warga setempat ke RS PKU Muhammadiyah Masaran.

"Pagi ini, saya mendapat laporan dari RS kalau ketiga korban dirujuk ke RSUD dr. Moewardi Solo," jelasnya.

Baca juga: Merinding, Video Kades Sambirejo Sragen Suparjo Nangis Tahan Sakit Akibat Covid-19

Sementara itu, Kepala Desa Duyungan, Arie Kurniasari, menyampaikan lahan dan bangunan gudang yang terbakar milik Suharmi warga Duyungan tetapi disewakan ke pihak lain.

“Penyewa bangunan ini belum tahu. Pak Bayan masih berusaha mencari informasi lebih lanjut,” ujarnya.

Diberitakan, gudang minyak tiner seluas 15 meter x 20 meter berisi truk tangki berkapasitas 24.000 liter hangus terbakar bersama puluhan tong dan dua unit motor, Jumat sekitar pukul 02.25 WIB.

Baca juga: Polwan Bagikan Masker dan Ajak Pengunjung Pasar Gemolong Sragen Cuci Tangan

Proses pemadaman membutuhkan waktu cukup lama, yakni mencapai 2,5 jam dengan melibatkan enam unit mobil pemadam kebakaran, yakni tiga unit dari Sragen, satu unit Solo, satu unit dari Karanganyar, dan satu unit mobil tangka penyuplai air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen.

"Bahan cair berupa minyak dan satu unit mobil tangki berkapasitas besar di dalam gudang itu. Mobil tangki itu sempat meledak karena kemungkinan masih berisi minyak tiner. Untuk tong-tong banyak tetapi belum diketahui isi atau tidaknya,” ujar Heru Suharto.

Kondisi Gudang Terbakar

Dia mengatakan selain satu unit mobil tangki, juga ada dua unit motor yang terbakar. Mobil tangki itu berpelat nomor S 8508 UC dan dua motor itu terdiri atas motor bebek Suzuki berpelat nomor AD 4362 ZY serta motor matic merek Honda berpelat nomor AD 4346 AKE.

Sekitar pukul 05.00 WIB, api padam. Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi melalui Kapolsek Sidoharjo AKP Agung Ari Purnowo sempat melihat kondisi dalam gudang yang terbakar tetapi belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut.

Agung segera berkoordinasi dengan Tim Identifikasi Polres Sragen untuk olah kejadian perkara dan mengidentifikasi penyebab kebakaran.

Baca juga: Maling Kuras Harta Rp15 Juta Di Rumah Warga Kalijambe Sragen, Termasuk 3 HP dan 1 Laptop

Kepala Pelaksana BPBD Sragen Sugeng Priyono menambahkan sebelum terjadi kebakaran sempat ada pembongkaran bahan baku minyak tiner dari truk tangki ke drum. Selang beberapa saat, ujar dia, ada percikan api yang sumbernya tidak diketahui yang menyambar bahan baku minyak itu.

“Karyawan gudang berusaha memadamkan api akhirnya mereka justru tersambar api hingga mengalami luka bakar yang cukup serius dan dilarikan ke rumah sakit,” katanya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago