SOLOPOS.COM - Hujan deras menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Bogor Jawa Barat, banjir, longsor, dan merobohkan pohon, Minggu (19/10/2021). (Liputan6.com)

Solopos.com, BOGOR — Hujan deras selama 5 jam sejak pukul 14.00 WIB hingga 19.00 WIB menyebabkan banjir, longsor, dan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/10/2021).

Di Kota Bogor, banjir terjadi di wilayah Malabar, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah. Banjir disebabkan aliran Kali Ciparigi tertutup material tembok penahan tanah (TPT) yang longsor. Beberapa rumah dilaporkan rusak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Curah hujan yang tinggi juga menyebabkan saluran air di kawasan Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor meluap. Akibatnya, lantai basement Blok B genangan air banjir setinggi 40 cm.

Baca juga: Begini, Potret Kondisi Pascabanjir Bandang di Batu Dilihat dari Udara

Hujan deras di Kota Bogor juga menimbulkan tanah longsor di Kampung Babakan Undak, Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan. Akibat tanah longsor satu unit rumah terancam roboh.

Kemudian pohon tumbang di Jalan Kencana Komplek Bukit Cimanggu City, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon Trembesi tumbang menghalangi jalan sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor maupun pejalan kaki.

Selanjutnya, rumah warga di Kampung Kramat, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tertimbun longsor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini hanya dua penghuninya luka-luka.

Baca juga: Polisi: Ledakan di Rumah Ortu Veronica Koman dari Petasan

“Dua orang luka ringan untuk di Kampung Kramat,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theo Patricio Freitas.

Sampai saat ini, petugas BPBD dan tim relawan masih melakukan pendataan dan evakuasi bagi yang terdampak bencana alam.

“Laporan yang masuk banyak, tapi yang sudah assessment belum semuanya. Untuk sementara ini laporan yang masuk 23 kejadian, meliputi banjir, longsor dan pohon tumbang,” kata Theo menjelaskan dampak hujan deras di Kota Bogor seperti dikutip dari Liputan6.com.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya