SOLOPOS.COM - Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah. (Antara)

Solopos.com, CILACAP — Pulau Nusakambangan yang berlokasi di sebelah selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah adalah rumah bagi tahanan atau narapidana (napi) kelas kakap dengan hukuman berat bahkan menunggu eksekusi mati. Pulau ini sudah menjadi saksi bisu proses eksekusi sejumlah tahanan terpidana mati, seperti tiga pelaku tragedi Bom Bali 1, yaitu Amrozi, Mukhlas alias Ali Gufron dan Imam Samudra.

Selain napi lokal, Pulau Nusakambangan juga menampung napi-napi asing yang kedapatan melanggar hukum saat datang di Indonesia. Kasus yang paling dominan adalah penyelundupan obat-obatan terlarang atau narkoba. Vonis hukuman mati pun  juga dijatuhkan kepada para napi asing ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sudah tidak terhitung jumlah napi dengan vonis hukuman mati dieksekusi di pulau yang dikenal sebagai Alcatraz-nya Indonesia. Sebab sudah banyak napi yang dieksekusi tersebut membuat nuansa mistis di Pulau Nusakambangan semakin kuat. Konon banyak para petugas lapas dan warga  yang melihat makhluk gaib berkeliaran, tidak hanya malam hari namun juga siang hari.

Baca juga: Misteri Kawuk dan Penjaga Lapas Nusakambangan

Misteri Nusakambangan

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui sebuah kanal Youtube, Kamis (6/1/2022),  diceritakan oleh Petugas Khusus Pengairan Nusakambangan, Sudarsono, tepat di lahan tempat eksekusi dua orang tahanan asal Niger, Afrika, karena kepemilikan narkoba, dieksekusi mati dan dikubur. Di tempat eksekusi tersebut, sering terdengar tangisan yang dipercaya adalah arwah dari tahanan-tahanan yang dihukum mati tersebut.

Suara tersebut sering didengar oleh petugas lapas hingga masyarakat setempat yang sedang beraktivitas di lahan tersebut dan banyak dari mereka langsung lari terbirit-birit karena ketakutan. Meskipun dipakai sebagai tempat eksekusi, namun banyak masyarakat setempat yang beraktivitas di lahan tersebut karena terdapat perkebunan karet yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Aul, Manusia Serigala Penghuni Nusakambangan

Selain itu, ada juga makhluk gaib yang sering bermunculan yang dilihat warga setempat. Seperti yang dialami oleh salah satu warga Pulau Nusakambangan, Ageng. Saat itu dia sedang dalam perjalanan pulang waktu malam hari, dan seketika itu dari kejauhan terlihat sosok putih yang sedang duduk di atas pohon. Setelah ditilik lebih lagi, ternyata ada kuntilanak dan reaksi Ageng hanya diam saja.

Sebelumnya, Ageng juga sering dihantui sosok kuntilanak yang tiba-tiba membonceng motornya dari belakang dan bahkan dihantui dengan suara tawa sang kuntilanak tersebut. Kemudian salah satu petugas lapas juga sering mendengar suara kereta api yang berjalan di tengah hutan padahal tidak ada jalur kereta api di kawasan tersebut.

Baca juga: Siapakah Penghuni Pulau Nusakambangan?

Sementara itu, Kasubag Umum Lapas Kelas 1  Batu Pulau Nusakambangan, Andi Darmawan mengatakan dengan melihat sejarah di mana lapas-lapas Nusakambangan ini sudah ada sejak masa kolonialisme Belanda di Indonesia, maka tidak heran jika ada penampakan-penampakan mahkluk gaib yang terjadi.

Andi juga mengatakan bahwa hampir semua petugas lapas di LP Nusakambangan pernah mengalami kejadian mistis, seperti melihat sosok bayangan hitam, suara langkah kaki dan penampakan-penampakan gaib.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Boyolali Full Berawan Sepanjang Hari Ini, Cek Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April

Boyolali Full Berawan Sepanjang Hari Ini, Cek Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April
author
Suharsih , 
Suharsih Sabtu, 20 April 2024 - 05:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca berawan. (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Wilayah Boyolali bakal dinaungi cuaca berawan sepanjang hari ini, Sabtu (20/4/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Tidak ada prediksi bakal hujan namun suhu udara bakal tinggi.

Suhu udara terendah menurut laman resmi BMKG pada hari ini yakni 24 derajat Celsius pada pagi hari sedangkan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angin terpantau dari tenggara, timur laut, dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan setiap hari melalui laman resminya dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Boyolali berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Langit juga berawan menjelang Subuh pukul 04.00 WIB. Suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 90%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca masih berawan dengan suhu udara turun jadi 24 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 85%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara naik jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Boyolali masih berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin dari timur laut dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin kembali dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, langit juga mendung dengan suhu udara naik jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca bertahan mendung dengan suhu udara turun jadi 24 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara bertahan di angka 85%. Angin terpantau dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Mendung dengan Suhu Panas, Simak Prakiraan Cuaca Klaten Sabtu 20 April

Mendung dengan Suhu Panas, Simak Prakiraan Cuaca Klaten Sabtu 20 April
author
Suharsih , 
Suharsih Sabtu, 20 April 2024 - 05:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca mendung di Bukit Sidoguro, Krakitan, Bayat, Klaten, belum lama ini. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Mendung mendominasi prakiraan cuaca wilayah Klaten pada hari ini, Sabtu (20/4/2024), menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Selain itu, suhu udara bakal panas dan gerah.

Laman resmi BMKG menginformasikan suhu udara terendah hari ini 26 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh dan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pergerakan angin terpantau dari timur, timur laut, dan tenggara dengan kecepatan 10-20 km/jam. BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Klaten berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% sementara angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Pada pukul 04.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan bertahan tinggi di angka 90%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit tetap mendung pada pagi hari pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik ke angka 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara naik lagi jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 75%. Angin masih dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Klaten juga berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin dari  timur laut dengan kecepatan 20 km/jam.

Sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca masih mendung dengan suhu udara turun ke angka 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin kembali dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin juga dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pukul 22.00 WIB, cuaca masih berawan dengan suhu udara turun jadi 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 80%. Angin dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Hanya Berawan tanpa Hujan di Wonogiri, Simak Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April

Hanya Berawan tanpa Hujan di Wonogiri, Simak Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April
author
Suharsih , 
Suharsih Sabtu, 20 April 2024 - 05:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca berawan di Wonogiri. (Solopos/Suharsih)

Solopos.com, WONOGIRI Cuaca di wilayah Wonogiri bakal berawan sepanjang hari ini, Sabtu (20/4/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Tanpa ada prediksi hujan meski langit bakal berawan tebal pada pagi menjelang siang.

Di sisi lain, suhu udara bakal panas dengan posisi terendah 26 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh, sedangkan suhu tertinggi menurut informasi di laman resmi BMKG mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Arah angin terpantau dari timur, timur laut, dan tenggara sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Laporan prakiraan cuaca BMKG disampaikan melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan setiap tiga jam diawali pada pukul 01.00 WIB.

Wonogiri berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Cuaca juga berawan menjelang Subuh pukul 04.00 WIB. Suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan tinggi di angka 90%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Berlanjut ke pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca masih berawan dengan suhu udara naik ke angka 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, langit berubah mendung tebal. Suhu udara naik ke angka 30 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 70%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Wonogiri lanjut berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke angka tertinggi yakni 33 derajat Celsius sedangkan tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin dari arah timur laut dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara kembali naik ke angka 70%. Angin dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, langit bertahan mendung dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin juga dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun jadi 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik sedikit jadi 80%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories