SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mengucapkan selamat kepada Tuntas Subagyo, pendiri organisasi kemasyarakatan (ormas) Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB).

Ucapan selamat itu terkait deklarasi Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) bentukan Tuntas di Solo. Wali Kota Solo itu menyebut pendirian partai itu merupakan bagian dari demokrasi. “Ya, namanya juga demokrasi,” ucapnya kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (28/10/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gibran mengaku tak mengenal Tuntas secara pribadi meski ormas yang didirikan Tuntas menjadi pengusung rivalnya saat Pilkada Solo 2020 silam. Rival tersebut yakni Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang maju lewat jalur independen.

Baca Juga: Gelegar Pidato Tuntas Tandai Kelahiran PKR sebagai Partai Wong Cilik

“Bukan Pak Bagyo dan Pak Supardjo, kan,” katanya. Ayah Jan Ethes Srinarendra itu bahkan mengaku tidak mengetahui ormas Tikus Pithi.

“Saya malah baru tahu [Tikus Pithi menjadi pengusung Bajo]. Saya tidak mengenal secara personal pasangan Bajo, hanya saat debat [Pilkada],” ucap Gibran.

Baca Juga: Soal Tuntutan Pembubaran Menwa, Ini Tanggapan Konas Menwa Indonesia

Gibran mengaku tak pernah berkomunikasi lagi dengan Tuntas Subagyo maupun Bajo sesudah Pilkada. Tak ada program maupun visi misi dari Bajo yang dititipkan kepadanya setelah menjabat jadi wali kota.

“Enggak ada [program yang dititipkan]. Apa ya, program bagusnya, saya enggak tahu. Tidak ada [yang dititipkan]. Program yang disampaikan dulu [saat debat], salah satunya perumahan di bantaran juga pernah dibahas Menko PMK. Itu masuk daerah kumuh dan harus ditata,” bebernya.

Baca Juga: Kasus Diklat Menwa UNS Solo: 26 Saksi Diperiksa Polisi, Ada Tersangka?

Seperti diberitakan, Tuntas Subagyo mendeklarasikan berdirinya Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) di Hotel Adhiwangsa, Solo, Kamis (28/10/2021). Sejatinya, Tuntas mengundang sejumlah tokoh nasional termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Acara deklarasi berlangsung lancar dengan orasi politik mengenai rencana dan program-program PKR yang salah satunya membidik kepesertaan dalam Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya