Jateng
Rabu, 24 April 2024 - 16:52 WIB

Golkar Buka Opsi Usung Kapolda Jateng Jadi Cagub, Ahmad Luthfi Respons Begini

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, seusai gelar perkara di Mapolda Jateng, Rabu (24/4/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, irit bicara saat ditanya adanya partai yang membuka opsi untuk mengusungnya di pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2024-2029.

Menurutnya, keberkenanan partai politik mengusung calon eksternal merupakan urusan masing-masing.

Advertisement

“Kalau ada partai mau [usung], itu urusannya partai. Saya masih dinas,” tegas Irjen Pol Luthfi seusai gelar perkara di Mapolda Jateng, Rabu (24/4/2024).

Tak hanya itu, Luthfi mengaku sampai saat ini belum ada partai yang menghubunginya. Meskipun, dukungan terus mengalir menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

“Belum ada [partai menghubungi]. Dan itu [dorongan maju Pilgub] kan masyarakat ya. Selama saya masih dinas, enggak [maju Pilgub Jateng] ya,” sambungnya.

Advertisement

Saat ditanya apakah akan tetap bertugas sampai November atau hingga masa pensiunnya berlaku, Luthfi tak menjawab secara tegas. Meskipun, ia mengaku tak berniat maju Pilgub selama masih menjabat atau berdinas.

“Itu [bertugas] pimpinan, saya enggak tahu,” pungkas Mantan kapolresra Surakarta itu.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar mulai membuka opsi untuk mengusung Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk maju sebagai calon Gubernur Jateng pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2024.

Advertisement

Sebab menurut partai berlambang pohon beringin itu, Ahmad Luthfi yang menjabat Kapolda selama empat tahun dinilai kuat bisa memimpin Jawa Tengah.

“Tugas polisi yang mencangkup pembinaan hingga mengayomi masyarakat merupakan amunisi atau bekal baik untuk menjadi Gubernur. Maka secara akseptabilitas, beliau [Ahmad Luthfi] penuhi syarat. Kemudian kualitas dan popularitas mumpuni karena memimpin Jateng sebagai Kapolda dua tahun lebih, apalagi balihonya [Ahmad Luthfi] sekarang ada di mana-mana. Tapi untuk ekstabilitas? Nanti [belum diketahui],” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Golkar Jateng, Iqbal Wicaksono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif