SOLOPOS.COM - Striker Arsenal, Olivier Giroud, merayakan golnya ke gawang Newcastle pada laga penghujung tahun 2013 di St James Park, Minggu (29/12/2013) malam WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Nigel Roddis

Solopos.com, NEWCASTLE – Misi Arsenal menutup tahun 2013 di puncak klasemen Liga Premier berjalan mulus. The Gunners, julukan Arsenal, kembali ke posisi atas klasemen, menyusul kemenangan tipis atas Newcastle United 1-0 di St James Park, Minggu (29/12/2013) malam WIB.

Gol semata wayang Arsenal dilesakkan oleh striker Oliver Giroud. Striker internasional Prancis itu memecahkan kebuntuan Arsenal seusai memanfaatkan umpan set-piece Theo Walcott di menit ke-65.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berkat kemenangan ini Arsenal mengukir 42 poin, hasil dari 19 laga. Arsenal menggeser Manchester City, yang semula menempati posisi puncak dengan torehan 41 poin, ke urutan dua.

Di sisi lain, hasil ini membuat Newcastle tak beranjak dari posisi tujuh. Skuat besutan Alan Pardew ini mengemas 33 poin, atau tertinggal satu poin dari Manchester United, yang berada di urutan enam.

Melawat ke markas The Magpies, julukan Newcastle, The Gunners tampil tanpa diperkuat dua gelandang impresifnya, Aaron Ramsey dan Mesut Ozil. Ramsey dan Ozil harus menepi karena mengalami cedera.

Tanpa dua bintangnya itu, The Gunners terlihat kurang panas. Hal tersebut juga dialami Newcastle.

Kedua tim terlihat kurang greget dan tampak kelelahan setelah dua hari sebelumnya harus melakoni laga Boxing Day.

Meski kurang panas, skuat besutan Arsene Wenger lebih banyak menguasai bola di lapangan tengah. Dari data statistik, Arsenal unggul ball possession 53% berbanding 47% di babak pertama.

Meski unggul penguasaan bola, Arsenal terlihat kebingungan membongkar pertahanan Newcastle. Justru, The Magpies yang mampu menciptakan dua peluang berbahaya secara beruntun di akhir babak pertama, lewat Tiote dan Debuchy.

Namun, hingga babak pertama berakhir kedua tim belum mampu menciptakan gol.

Memasukki babak kedua, Arsenal kembali menguasai permainan. Namun, kebuntuan masih menghinggapi skuat Meriam London.

Pada menit ke-64, Arsenal mendapat kesempatan mengambil tendangan bebas di depan kotak terlarang Newcastle, menyusul pelanggaran pada Cazorla. Walcott, yang menjadi eksekutor, tak egois dan memberi umpan lambung ke depan gawang Newcastle, yang mampu dieksekusi melalui sundulan oleh Giroud. Arsenal pun unggul 1-0.

Tertinggal tuan rumah mencoba meningkatkan intensitas serangan dengan menambah daya gedornya, memasukkan Ameobi untuk menggantikan Anita.

Pada menit ke-81, upaya Newcastel mengejar ketertinggalan nyaris berhasil saat Szczesny melakukan blunder. Namun, penjaga gawang asal Polandia itu bereaksi cepat untuk mengamankan bola di depan gawangnya.

Hingga pertandingan berakhir, Arsenal tetap unggul. The Gunners pun bisa tersenyum mengakhir paruh pertama musim 2013-2014 sebagai juara.

Susunan pemain
NEWCASTLE (4-3-3)

Krul; Debuchy, Coloccini (c), Williamson, Santon; Anita (Ameobi 72’), Tiote, Cabaye; Sissoko (Haidara 79’), Remy, Gouffran (Ben Arfa 61’)
ARSENAL (4-2-3-1)
Szczesny; Gibbs (Mikel Arteta 70’), Koscielny, Mertesacker, Sagna; Flamini, Rosicky; Cazorla, Wilshere, Walcott (Jenkinson 80’); Giroud (Bendtner 86’)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya