SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19. (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, PONOROGO -- Seorang pria yang sebelumnya berstatus sebagai pasien dalam pengawasan atau PDP di Ponorogo dan telah meninggal dunia dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini diketahui dari hasil tes swab PCR yang telah keluar pada Jumat (19/6/2020).

Satu pasien positif Covid-19 ini merupakan seorang pria berusia 40 tahun, warga Desa Kunti, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Pasien ini meninggal dunia pada 17 Juni lalu. Sebelum meninggal, tim medis sempat mengambil sampel untuk tes swab.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bentrok Pesilat Madiun: Rumah Dilempari Batu, Penghuni Patah Tulang

"Ada penambahan 1 pasien [ PDP meninggal dunia ] terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga total kasus di Ponorogo ada 35 orang. Pasien sembuh ada 20 orang, pasien diisolasi rumah sakit ada 12 orang, isolasi mandiri satu orang. dan meninggal dunia ada dua orang," jelas Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, kepada Madiunpos.com, Jumat sore.

Ipong menuturkan hasil tes swab pasien ini ternyata diketahui positif Covid-19. Sebelum meninggal dunia, pasien ini sempat mengalami sesak napas dan demam. Pasien ini diketahui sering bepergian bolak-balik dari Ponorogo ke Surabaya untuk urusan pekerjaan sehingga ditetapkan sebagai PDP.

Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Jateng dan Jatim Tertinggi di Indonesia

Dari keterangan, kata dia, PDP Covid-19 Ponorogo yang meninggal dunia ini terakhir kali pergi ke Surabaya pada tanggal 2 Juni lalu. Kemudian pada tanggal 13 Juni, pasien ini mengeluhkan demam, batuk, dan sesak napas. Pasien selanjutnya dibawa ke RSUD Ponorogo.

“Dari hasil pemeriksaan rontgent, pasien mengalami pneumonia bilateral,” ujar Ipong.

Tukang Tambal Ban Dipeluk Dokter Telanjang di Surabaya: Saya Diajak

New Normal

Bupati Ponorogo menuturkan hasil tes swab untuk PDP yang meninggal dunia pada 14 Juni lalu itu juga telah keluar. Hasil tes swab PCR pasien ini terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jika kita mengamati perkembangan kasus Covid-19 pada tanggal 18 Juni 2020. Secara nasional terdapat peningkatan kasus sebanyak 1.331 kasus dalam sehari. Di mana 316 kasus di antaranya berasal dari Jawa Timur," kata dia.

Biar Tidak DO, Mahasiswa Boleh Mencicil UKT Bunga Nol Persen

Dengan tambahan kasus positif Covid-19 dari PDP yang meninggal dunia, Ipong mengingatkan masyarakat Ponorogo untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Meskipun Ponorogo telah menerapkan new normal, lanjut Bupati, seluruh pendatang dari daerah terjangkit tetap harus mematuhi kewajiban isolasi mandiri. Langkah ini sangat penting untuk mencegah rantai penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya