SOLOPOS.COM - Sejumlah warga beraktivitas dengan latar belakang dinamika bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jateng, Senin (2/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA–Neraca perdagangan Indonesia pada April 2022 mencapai rekor sepanjang masa, yakni US$7,56 miliar, membuat Bank Indonesia memberi respons.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menyampaikan kinerja positif tersebut melanjutkan surplus neraca perdagangan Indonesia sejak Mei 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“BI memandang surplus neraca perdagangan telah berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Rabu (18/5/2022).

Ke depan, Erwin mengatakan BI akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas kebijakan terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Adapun, dia menjelaskan surplus neraca perdagangan April 2022 bersumber dari kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas di tengah peningkatan defisit neraca perdagangan migas.

Baca Juga: Neraca Perdagangan Cetak Rekor Tertinggi, Ekonomi RI Kian Tangguh

Pada April 2022, surplus neraca perdagangan nonmigas mencapai US$9,94 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada bulan sebelumnya sebesar US$6,62 miliar.

“Perkembangan positif tersebut didukung oleh meningkatnya ekspor nonmigas dari US$25,09 miliar pada Maret 2022 menjadi US$25,89 miliar pada April 2022,” kata dia.

Peningkatan ekspor nonmigas terutama bersumber dari ekspor komoditas berbasis sumber daya alam yang membaik, seperti bahan bakar mineral termasuk batu bara, bijih logam, serta besi dan baja didukung oleh harga global yang masih tinggi.

Berdasarkan negara tujuan, ekspor nonmigas ke China, Amerika Serikat, dan Jepang tetap tinggi seiring dengan permintaan yang tetap kuat.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Surplus Neraca Dagang April Tertinggi Sepanjang Masa, BI Bilang Gini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya