SOLOPOS.COM - Nelson Mandela (JIBI/Solopos/Dok)

Nelson Mandela (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JOHANNESBURG — Keluarga mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela berkumpul di sekitar kamar perawatan Nelson, karena kondisi kesehatan Mandela yang makin kritis./

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mantan Presiden Mandela masih dalam keadaan kritis di rumah sakit,” kata Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dalam pidato di televisi yang disebarkan ke seluruh dunia, Senin (24/6/2013) waktu setempat.

“Para dokter mengupayakan segala cara yang mungkin untuk bisa membuatnya nyaman dan baik,” kata Zuma.

Mandela, pahlawan bagi kaum kulit hitam Afrika Selatan –yang berjuang meraih kebebasan dan 27 tahun menjadi tahanan politik di penjara apertheid, dibawa ke rumah sakit pada 8 Juni karena infeksi paru-paru.

Meskipun mendapat perawatan intensif di rumah sakit Medical Heart, kesehatan sosok berusia 94 tahun itu semakin merosot. Mantan istrinya, Winnie Madikizela –juga sosok pejuang anti-apartheid, bersama putri-putrinya –Zindi Mandela, Motlhajwa dan Zenani– dan sejumlah pejabat memadati rumah sakit pada Senin.

Kunjungan keluarga banyak terjadi sejak Mandela masuk rumah sakit 17 hari lalu dengan kondisi yang mencemaskan. Putri tertua Mandela, Makaziwe, mengatakan Mandela terlihat damai.

“Ia sudah memberi begitu banyak kepada dunia. Saya yakin ia dalam keadaan damai.” Pada saat bersamaan ia juga mengeluhkan sikap media yang heboh mengenai kondisi ayahnya.

Pahlawan anti-apartheid itu menjadi presiden kulit hitam Afsel yang pertama pada 1994 setelah selama setengah abad negara itu dipimpin oleh kelompok minoritas putih.

Mandela akan genap berusia 95 tahun pada 18 Juli, sudah empat kali keluar-masuk rumah sakit sejak Desember, kebanyakan dengan keluhan keadaan paru-parunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya