SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Karanganyar memberikan peringatan kepada PKL di Jalan Lawu untuk tidak nekat berjualan pada pukul 07.00-15.00 WIB. Foto diambil Senin (8/8/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani )

Solopos.com, KARANGANYAR — Sudah disediakan tempat berjualan namun belasan pedagang kaki lima (PKL) nekat berjualan di sepanjang Jl. Lawu Karanganyar yang merupakan kawasan larangan. Para PKL ini pun kena semprit petugas Satpol PP Karanganyar, Senin (8/8/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, petugas Satpol PP berpatroli menggunakan mobil dengan menyisir kawasan Jl. Lawu mulai batas kota hingga Bank Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam penyisiran ini petugas mendapati PKL yang menggelar dagangan di kanan dan kiri jalan. Padahal Pemkab Karanganyar telah menetapkan kawasan itu steril PKL.

Para pedagang yang kedapatan melanggar langsung ditegur dan diminta mengemasi barang dagangannya. Mereka diminta pindah ke pusat jajanan selera rangkat (Pujasera).

“PKL sudah disiapkan tempat di Pujasera. Jadi silakan untuk berjualan di sana,” kata Komandan Regu (Danru) Satpol PP Karanganyar, Semin.

Baca Juga: Relokasi Berlanjut, PKL Batas Kota Karanganyar Jadi Sasaran Berikutnya

Pemkab Karanganyar menetapkan kawasan Jl. Lawu dari batas kota hingga Bank Jateng steril dari PKL mulai pukul 07.00 wib hingga 15.00 WIB. Pedagang dilarang berjualan di trotoar kanan dan kiri Jl. Lawu. Bagi pedagang yang kedapatan melanggar akan ditertibkan.

“Hari ini ada belasan yang kita beri peringatan. Kami minta mereka pindah ke Pujasera,” pintanya.

Pemkab telah memberikan sosialisasi kepada para pedagang sejak dua pekan lalu. Pedagang dialihkan ke Pujasera. Namun hingga kini masih saja pedagang kedapatan nekat berjualan di kawasan Jalan Lawu.

Pedagang es teh, Eva Nur Aprilia, mengaku menerima peringatan dari Satpol PP karena berjualan di trotoar Jl. Lawu. Ia mengakui kesalahan tersebut. “Saya salah. Nanti akan dimundurkan jualannya biar tidak ditrotoar,” tuturnya.

Baca Juga: Siap-Siap, PKL di Jl. Lawu Karanganyar akan Dipindah ke Pujasera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya