SOLOPOS.COM - Ratusan personel tim gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP Sukoharjo melaksanakan Operasi Lilin dalam rangka cipta kondisi libur Natal dan Tahun Baru pada Senin (21/12/2020). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Solopos.com, SUKOHARJO – Polisi akan membubarkan massa yang nekat berkerumun dan menggelar keramaian saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Sukoharjo.

Ratusan personel gabungan Polisi, TNI, Satpol PP Sukoharjo dikerahkan untuk mengamankan selama libur Nataru. Apel gelar pasukan Operasi Lilin dilaksanakan di halaman Setda Sukoharjo pada Senin (21/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran Bantah Tudingan Korupsi Bansos Covid-19: Silakan Kroscek ke KPK!

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan gelar pasukan Operasi Lilin dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 sehingga mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

"Segala bentuk kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dan keramaian akan dibubarkan," kata Kapolres dijumpai seusai apel gelar pasukan Operasi Lilin.

Awas! Pendatang Masuk Sukoharjo Bakal Di-Rapid Test Antigen Covid-19

Kapolres meminta warga tidak nekat berkerumun dan membuat keramaian saat libur Nataru di Sukoharjo. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Jangan sampai muncul klaster baru selama libur Nataru.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya masyarakat mematuhi tiga M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Dalam pengamanan Nataru, polisi mengerahkan sebanyak 180 personil dari Polres Sukoharjo dan back up personil Polda Jawa Tengah sebanyak 60 orang. Selain itu gabungan personil dari Kodim 0726/ Sukoharjo, Satpol PP dan unsur lainnya.

Lokasi Rapid Antigen di Solo, Lengkap dengan Biayanya

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas selama libur Nataru di Sukoharjo, pihaknya membangun pos pengamanan (Pospam) di tiga lokasi. Yakni di depan Polsek Kartasura, Simpang Pandawa, Solobaru dan Simpang Lima dalam kota. Tiga pospam ini yang akan menjadi pusat koordinasi personel pengamanan lalu lintas Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, Polres Sukoharjo juga telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk persiapan Natal dan Tahun Baru. Pihaknya telah mengundang dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Kesbang, Kodim 0726 Sukoharjo, Bulog dan tokoh agama.

Dalam pertemuan itu membahas kesiapan dan persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru, serta memastikan kondisi daerah dan ketersediaan pangan aman.

"Dua pos pantau juga kita bangun masing-masing di terminal Sukoharjo dan simpang tiga Tugu Kartasura," katanya.

Solo, Wonogiri, Sragen Zona Merah Covid-19, Ojo Keluyuran!

Perayaan Natal

Terkait perayaan Natal, Kapolres mengatakan seluruh gereja di Sukoharjo menggelar Misa dengan membatasi peserta. Misa juga dilaksanakan secara daring. Hal ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Dandim Sukoharjo Kol Inf Agus Adhy Darwaman mengatakan siap membantu pengamanan libur Nataru di Sukoharjo. Pengamanan dilakukan hingga ke tingkat kewilayahan kecamatan.

"Kami bersama polisi akan membubarkan apabila ada kerumunan dan kegiatan yang sifatnya keramaian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya