Nekat Berjualan, 5 Pedagang Bermobil Dari Zona Merah Covid-19 Dijaring Satpol PP Solo
Solopos.com|soloraya

Nekat Berjualan, 5 Pedagang Bermobil Dari Zona Merah Covid-19 Dijaring Satpol PP Solo

Lima pedagang bermobil terjaring razia Satpol PP di kawasan sekitar Pasar Klewer Solo dan dikenai pasal tindak pidana ringan (tipiring).

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo semakin mengetatkan aturan pedagang bermobil dari zona merah risiko Covid-19 yang datang untuk berjualan di kawasan Pasar Klewer dan Pasar Cinderamata.

Hal itu menyusul temuan lima pedagang bermobil asal Jepara yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil uji swab secara acak, pekan lalu. Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, kepada wartawan, Senin (14/6/2021), mengatakan mayoritas pedagang bermobil beraktivitas pada Senin dan Kamis.

Petugas Satpol PP pun berpatroli di kawasan Pasar Klewer dan Pasar Cinderamata untuk mengantisipasi kedatangan para pedagang bermobil. “Iya tadi kami patroli antisipasi pedagang bermobil, hari ini masih penertiban saja. Untuk swab belum kami lakukan, masih tracing oleh DKK. Ada lima orang pedagang bermobil yang kami jerat pasal tipiring. Mereka dari Pekalongan dan Jepara,” paparnya.

Baca Juga: Hadapi Ancaman Covid-19 Varian India, Pemkot Solo Siapkan STP Untuk Isolasi Terpusat

Menurutnya, petugas semakin mengetatkan kawasan teridentifikasi banyak pedagang dari luar Solo, salah satunya pedagang bermobil yang biasa datang ke kawasan Pasar Klewer Solo setiap Senin dan Kamis.

Jumlah sampel swab yang diambil lebih banyak dibandingkan swab acak beberapa waktu lalu. Saat ini petugas dapat mengambil sampel dalam jumlah besar karena ada tambahan nakes dari Dokkes Polresta Solo.

Imbauan Kapolresta

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, meminta masyarakat terus menjalankan fungsi PPKM Mikro menyikapi angka kasus Covid-19 yang fluktuatif seusai libur Lebaran. Masyarakat Solo dapat mengidentifikasi warga-warga pendatang dari zona merah agar dites swab.

Baca Juga: Gibran Larang Pedagang Bermobil Dari Zona Merah Masuk Kawasan Pasar Klewer Solo

Polresta terus berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Solo untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti di Kudus. Ia menjelaskan tim Polresta Solo kembali intensif woro-woro kepada masyarakat agar jangan abai menerapkan protokol kesehatan.

“Beberapa lokasi seperti Alun-Alun Kidul, Pasar Ikan Nusukan, Balekambang, dan lokasi lain yang diidentifikasi banyak pedagang dari luar Solo,” paparnya.

Ia menambahkan operasi yustisi di beberapa akses masuk Solo kembali gencar. Warga yang tidak memakai masker dan berkerumun bakal diswab antigen dengan sistem random sampling.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago