SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stasiun Poncol, Kota Semarang. (Terseram.com)

Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang merupakan masa liburan, disikapi PT KAI Daops IV Semarang dengan menyiapkan kereta api tambahan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebagai upaya menghadapi lonjakan penumpang kereta api pada masa libur Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang menyiapkan dua kereta api tambahan. Kedua kereta api tambahan itu adalah KA Argo Muria Tambahan dan Argo Sindoro Tambahan, yang melayani perjalanan Semarang Tawang-Gambir pergi-pulang (PP).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Selain dua kereta api tambahan yang disediakan PT KAI Daops IV itu, juga ada empat kereta api tambahan yang melintasi Semarang. Jadi total ada enam kereta api tambahan yang disediakan PT KAI untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru,” tutur Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Edy Koeswoyo, saat dijumpai Semarangpos.com di Stasiun Poncol, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (14/12/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Edy menyebutkan empat kereta api tambahan yang melintasi Semarang dan disediakan pada masa libur akhir tahun itu yakni KA Sembrani Tambahan jurusan Gambir-Surabaya Pasarturi PP, KA Brantas Tambahan tujuan Pasar Senen-Blitar PP, KA Matarmaja jurusan Pasarsenen-Malang PP, dan KA Kertajaya Tambahan jurusan Pasar Senen-Surabaya Pasarturi PP.

Keenam kereta api tambahan yang disediakan untuk menghadapi lonjakan penumpang pada masa libur akhir tahun itu memiliki total kapasitas 3.806 kursi. Keenam kereta api tambahan itu akan dioperasikan mulai 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018, kecuali KA Brantas Tambahan dan Matarmaja Tambahan yang akan mulai dioperasikan pada Jumat (15/12/2017).

“Pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini kami prediksi ada peningkatan jumlah penumpang mencapai 5% dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu sekitar 13.000-14.000 penumpang, mungkin tahun ini bisa mencapai 20.000 penumpang. Makanya, kami siapkan KA tambahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin melakukan perjalanan saat libur akhir tahun,” beber Edy.

Selain menyiapkan kereta api tambahan, PT KAI Daops IV Semarang juga akan melayani 74 perjalanan KA selama libur Natal dan Tahun Baru. Ke-74 perjalanan KA itu 48 di antaranya perjalanan KA reguler, 12 perjalanan KA tambahan, dan 14 perjalanan KA lokal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya