SOLOPOS.COM - Naskah kuno di Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran yang telah dilaminasi menggunakan tisu Jepang. (Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 50% dari 1000an naskah kuno di Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran, Banjarsari, Solo rusak. Kerusakan naskah-naskah tersebut diperkirakan karena termakan usia.

Pengelola Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran, Darweni, mengatakan naskah-naskah kuno itu berusia sekitar 150 tahun. Menurut dia, mayoritas naskah itu sudah lapuk dan terlepas dari sampulnya, bahkan ketika disentuh kertasnya bisa robek.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada 500an naskah yang rusak, 20 di antaranya sudah tidak bisa diperbaiki,” kata dia saat ditemui di ruang perpustakaan, Kamis (11/12/2014).

Darweni menambahkan perawatan naskah kuno membutuhkan biaya mahal. Menurut dia, perawatan satu naskah kuno bisa menghabiskan dana jutaan rupiah.

“Naskah harus dilaminasi menggunakan tisu jepang. Satu lembar laminasi itu harganya Rp30.000 sementara satu naskah kuno bisa ratusan lembar,” tutur dia.

Darweni menyatakan Perpustakaan Rekso Pustoko belum mampu melaksanakan perawatan secara menyeluruh lantaran terbentur biaya. Menurut dia, Perpustakaan Rekso Pustoko hanya mengandalkan bantuan dari petugas arsip nasional maupun Provinsi Jateng dalam perawatan itu.

Darweni menuturkan saat ini langkah yang ditempuhnya adalah membuat sebuah boks buku. “Koleksi yang dilaminasi baru 10 naskah saja dari 500an yang rusak. Sementara boks buku itu sebagai pelindung agar lembaran naskah tidak hilang dan tercampur dengan naskah yang lainnya, saat ini kami sudah memiliki 400 boks,” jelas dia.

Sementara seorang pengunjung perpustakaan, Erika Sandriyani, mengatakan harus ada perawatan naskah kuno yang rusak.

“Ya sayang apabila naskah itu hanya dibiarkan rusak, masih banyak masyarakat yang membutuhkan naskah-naskah itu terutama mahasiswa,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya