SOLOPOS.COM - Nasida Ria tampil di Jerman. (Instagram/@nasidariasemarang)

Solopos.com, SEMARANG–Tampil di Jerman, grup kasidah asal Semarang, Nasida Ria, membawakan 10 lagu hits termasuk tembang Perdamaian.  Mereka tampil dalam acara seni rupa yang bertajuk Documenta Fifteeen sebagai band pembuka di Kassel, Jerman pada Sabtu (18/6/2022) lalu.

Konser grup musik kasidah asal Semarang ini mendapatkan apresiasi dari seluruh dunia. Bahkan, antusiasme penonton dari Indonesia maupun Jerman ikut terhanyut dalam tembang-tembang hits yang dibawakan grup musik kasidah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Digital Manajer Nasida Ria, Zuhadi Mahdi mengatakan, grup kasidah kawakan asal Kota Semarang ini membawakan sebanyak 10 lagu andalan favorit dari 35 album Nasida Ria. Di antaranya, Perdamaian, Bom Nuklir, dan Kota Santri. Dalam konser ini, kata dia, sebanyak 12 personel ikut memeriahkan konser Documenta Fifteeen.

Baca Juga: Nasida Ria Tampil di Jerman, Warganet Fokus ke Penonton Ini

“Iya 12 orang kita ke Jerman semua. Ada 10 lagu total kita kemarin, durasi 1 jam. Itu semuanya pilihan lagu-lagu favorit dari 35 album Nasida Ria sudah dipilih, antara lain ada Perdamaian, Bom Nuklir, dan Kota Santri,”jelasnya, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (21/6/2022).

Zuhadi Mahdi menyampaikan, pihaknya berangkat ke Jerman sejak tanggal 16 Juni 2022 dan pulang ke Kota Semarang sekitar tanggal 25 Juni 2022. Ia menyebut, Nasida Ria bukan pertama kali manggung di luar negari. Namun pada tahun 2009 itu grup kasidah kawakan pernah konser di Hong Kong.

Baca Juga: Profil Nasida Ria Semarang yang Tampil di Jerman

“Tahun 2009 itu di Hong Kong terakhir di luar negeri, “ucapnya.

Zuhadi menyebut grup kasidah ini tidak mengajukan diri melainkan diundang kurator perupa dari Jakarta yang sering menggandeng Nasida Ria tampil di berbagai event.  Ternyata, undangan tampil di sebuah acara bergengsi itu sejak dua tahun lalu. Namun adanya kasus Covid-19 naik membuat acaranya bisa terselenggara pada bulan ini.

“Dapat undangannya itu udah dua tahun yang lalu, memang acaranya lima tahun sekali. Waktu itu kan memang enggak jadi karena ada Covid-19, tapi ternyata malah kita tampil pada Juli terus diajukan Juni,” jelasnya.

Baca Juga: Keren! Nasida Ria asal Semarang Tampil di Jerman

Zuhadi mengungkapkan, saat Nasida Ria tampil di panggung langsung disambut oleh warga Indonesia dan Jerman dengan menyanyi bersama yang sudah tersedia fasilitas translator lirik.

“Antusiasnya bagus-bagus ya, mereka menikmati banyak orang menonton, banyak yang berjoged juga kemudian kita menampilkan lirik di stage ada lirik yang sudah translate bahasa Inggris. Jadi penontonnya mengerti apa yang kita sampaikan, “ucapnya.

Saat Nasida Ria bawakan 10 lagu di Jerman itu tidak hanya orang Jerman yang ikut menyanyi, bahkan warga Indonesia terlihat sangat antusias dalam acara tersebut.

“Ikut nyanyi juga ada dari orang-orang Indonesia di acara ini. Jadi, acaranya pameran seni digelar 1000 hari dan ratusan mungkin ribuan seniman. Bahan, beberapa dari Indonesia ikut nyanyi. Mereka sengaja nonton Nasida Ria termasuk Konsulat Jenderal RI di Frankfurt, jauh-jauh dari Frankfurt ke sana 2,5 jam untuk nonton Nasida Ria,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya