SOLOPOS.COM - Nasi tumpang lethok khas Klaten. (Istimewa/Youtube Channel Gendut Keliling)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten memiliki makanan khas berupa nasi tumpang lethok. Keistimewaan nasi tumpang ini ternyata terdapat pada lethoknya.

Banyak sekali warung di Klaten yang menyediakan nasi tumpang lethok. Di antaranya nasi tumpang koyor dan bubur lethok yang berada di Sungkur Baru, Jl. Mayor Kusmanto, Bramen, Sekarsuli, Klaten Utara, Jawa Tengah. Selanjutnya, bubur tumpang lethok (Bu Moel) yang berlokasi di Jl. Rajawali, Tegalmulyo, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun ada satu warung sederhana yang cukup terkenal dengan menu andalan, yaitu nasi tumpang lethok istimewa. Warung tersebut milik Mbak Riyanti yang berlokasi di Jl. Mayor Kusmanto di Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. Warung Mbak Riyanti ini buka setiap harinya dari pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Ada tiga variasi nasi tumpang lethok yang akan kalian temui dengan harga pasaran yang masih murah meriah serta terjangkau. Nasi tumpang lethok istimewa rata-rata senilai Rp15.000/porsi, nasi tumpang lethok komplet senilai Rp13.000/porsi, dan nasi tumpang lethok koyor Rp9.000/porsi.

Dilansir dari laman jjsklaten.wordpress.com, Jumat (23/9/2022), nasi tumpang lethok adalah nasi putih dengan lauk daun pepaya, bacem, nangka muda, krecek, koyor, telur rebus serta disiram kuah sambal yang berasal dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu-bumbu lainnya.

Baca Juga: Rica-Rica Mentok Goplo Klaten, Dagingnya Lembut dan Tidak Amis saat Dikunyah

Lethok sendiri terbuat dari tiga macam tempe yang berbeda, mulai dari tempe segar, tempe semangit, dan tempe bacem.

Hal yang membuat istimewa dari makanan nasi tumpang lethok di Klaten, yakni cara memasak lethoknya.

Berikut cara memasak lethok yang dikutip dari resepenyak.com, Jumat (23/9/2022):

1. Rebus tempe segar, tempe semangit, tahu pong, kencur, telur, daun jeruk, cabai rawit, cabai merah, daun salam, lengkuas, dua bawang sampai empuk dan harum.

Baca Juga: Catat Ya Lur! Ini 3 Tempat Makan Asyik di Pinggir Sungai Polanharjo Klaten

2. Sembari menunggu matang, goreng tahu China setengah matang.

3. Jika rebusan sudah matang, segera ambil cabai merah, kencur, dua bawang, serta cabai rawit kemudian di haluskan. Panaskan minyak lalu tumis hingga harum dan masukan direbusan tempe yang tadi.

4. Setelah itu ambil tempe semangit yang masih bagus dan utuh lalu masukan direbusan tadi serta tambahkan tahu China yang tadi digoreng setengah matang.

5. Nyalakan api kompor, tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Jika sudah mendidih tambahkan santan. Jika ingin banyak kuah tinggal campur dengan air sekitar 300 ml. Sehabis matang lethok siap di sajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya