SOLOPOS.COM - Nasi Tewel alas daun jati khas Kabupaten Pati (Instagram/@makandipati)

Solopos.com, PATI — Nasi Tewel atau oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan Sego Tewel adalah makanan jenis nasi rames khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang banyak dijumpai di Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo.

Mengutip dari Detik.com, Selasa  (28/9/2021), tewel merupakan istilah sayur dari serat buah nangka seperti yang ditemukan pada nasi gudeg. Lauk lainnya biasanya berupa tempe goreng dan bakwan. Keunikan dari nasi tewel ini adalah penyajiannya yang menggunakan alas daun jati sehingga membuat aroma nasi tewel ini semakin menggugah selera makan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu penjual nasi tewel yang legendaris di Desa Tambakromo ada Mbah Rasiah. Nasi tewel yang dia jual dikenal murah meriah dengan rasa yang nikmat. Satu porsi nasi tewel dijual dengan harga Rp3.000 saja sehingga pengunjung yang datang selalu ketagihan hingga menjadi pelanggan tetap.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Dihadiahi Batik Cenderawasih, Ganjar Diundang ke Pembukaan PON Papua

Salah satu penikmat nasi tewel asal Kabupaten Kudus, Aris, mengatakan bahwa nasi tewel ini patut dicoba karena selalu  membuat ketagihan. Ditambah harganya juga murah dan sangat khas serta ikonik bagi Kabupaten Pati

Salah satu cita rasanya yang nikmat ada pada kuah pefasnya yang bertabur cabai dipotong kasar sehingga bagi penikmat makanan pedas,  sudah pasti akan ketagihan dengan cita rasa yang ada pada nasi tewel. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten pati, Jadi Santosa mengungkapkan bahwa kuliner khas semacam nasi tewel ini perlu dikembangkan lebih luas dengan tanpa meninggalkan kebersahajaannya.

Hadi memaparkan bahwa makanan ini adalah khas daerah Kabupaten Pati yang memiliki cita rasa kuat daerah pesisir, yaitu asin dan pedas. Dia juga menambahkan bahwa tiap wilayah di Kabupaten Pati mempunyai cita rasa tersendiri, utamanya di Tambakromo.  Meskipun terlihat sederhana, namun makanan ini ngangeni, khususnya bagi para perantau jika pulang kampung dan makannya tidak cukup satu porsi dan karena pasti ada keinginan untuk tambah lagi.

Baca Juga: Saiful Arifin, Wabup Sekaligus Bos PSG Pati

Cara Memasak Nasi Tewel

Mengutip dari Liputan6.com, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi tewel ini di antaranya  nangka muda yang kesat (200gram), santan dari dua butir kelapa (2.000 cc), labu siap potong (300 gram), daun mlinjo muda (100 gram), 3 cm lengkuas, cabai rawit sesuai selera, dua lembar daun salam, garam (2 sdm), gula merah (2 sdt).

Cara membuatnya, bumbu halus yang terdiri dari bawang merah (8 butir), bawang putih (3 siung), kemiri sangrai (3 butir), kencur (2 cm) dan terasi goreng serta ketumbar ditumis hingga harum lalu dimasukan dalam santan rebus disertai dengan lengkuas dan daun salam.

Setelah itu masukan serat nangka muda, gula merah, dan garam lalu rebus hingga matang. Masukan labu siam, cabai rawit, dan daun mlino lalu masak hingga benar-benar matang. Saat semuanya sudah matang, siapkan nasi di atas daun jati lalu siramkan kuah sayur tewel dan nikmati nasi tewel dengan tempe goreng atau bakwan goreng serta ikan asin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya