SOLOPOS.COM - Nasi padang di Paviliun Indonesia pada acara internasional Expo 2020 Dubai. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Nasi padang, rendang, dan mi goreng menjadi kuliner Nusantara yang paling digemari saat perhelatan internasional Expo 2020 Dubai.

Perhelatan internasional itu diikuti 192 negara, salah satunya Indonesia. Expo 2020 Dubai resmi dibuka mulai 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022. Pada kesempatan itu, Indonesia akan menghadirkan 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis dalam format hybrid yang didukung 22 kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan mitra perusahaan.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Baca Juga : Cek Lur! Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ada 32 Posisi Ditawarkan

Tidak hanya itu, Paviliun Indonesia akan menampilkan lebih dari 300 produk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap 64 juta UKM menembus pasar global. Pada kesempatan itu, Paviliun Indonesia menyuguhkan kuliner khas Indonesia. Salah satunya nasi padang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai, Didi Sumedi, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (5/11/2021), menuturkan nasi padang di kafetaria Paviliun Indonesia menjadi kuliner nusantara paling digemari. Penggemar nasi padang tidak hanya pengunjung, tetapi juga delegasi paviliun dari negara lain.

“Paviliun Indonesia menjadi salah satu paviliun favorit pengunjung Expo 2020 Dubai. Pengunjung yang hadir pun tidak hanya menikmati konten paviliun, tapi ikut menikmati kuliner khas Indonesia. Nasi Padang tidak hanya dipesan pengunjung, tapi juga delegasi paviliun negara lain,” kata dia seperti dilansir Antara.

Baca Juga : Wow! Menparekraf Sandiaga Uno Jajal Sirkuit Mandalika, Balapan?

Nasi padang disajikan bersama makanan terlezat di dunia, yaitu rendang, ayam, perkedel, dan sayuran. Didi menyebut nasi padang mampu menunjukkan cita rasa makanan khas Indonesia dapat diterima orang dari berbagai negara.

Didi Sumedi mengemukakan, kuliner yang ditawarkan di kafetaria di Paviliun Indonesia menjadi salah satu promosi bagi wisatawan mancanegara. “Nasi padang sekaligus menjadi salah satu cara memperkenalkan rempah-rempah Indonesia. Pengolahan makanan dengan rempah-rempah Indonesia membuat cita rasa makanan menjadi istimewa, lezat, dan memanjakan lidah,” ujar Didi.

Satu porsi nasi padang dihargai AED 60 atau Rp240.000. Rata-rata, Paviliun Indonesia menjual 100 porsi nasi padang dan rendang setiap hari. Selain rendang, sajian lain yang menjadi favorit pengunjung adalah mi goreng.

Baca Juga : Harga Minyak Goreng Naik Terus, Ini Hlo Sebabnya Bund!

Paviliun Indonesia juga memberikan menu pilihan lain, seperti nasi goreng, soto betawi, bakso, sate ayam, martabak manis, dan lain-lain. Sajian khas nusantara tersebut ditawarkan Bandung Restaurant. Selain makanan, kopi Luwak menjadi sajian pilihan pengunjung.

Salah satu pengunjung Expo 2020 Dubai dari Rusia, Tirtsa, menuturkan menyukai nasi padang dan rendang. “Rendangnya sangat enak sekali. Pertama kali mencoba di Paviliun Indonesia. Dan ini saya sudah enam kali mencobanya. Termasuk dengan teman dan keluarga saya. Bahkan saya merekomendasikan juga kopi Luwak kepada siapapun yang saya temui di Expo,” ujar Tirtsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya