SOLOPOS.COM - Nasi kentut kuliner khas Medan (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Jangan membayangkan nasi kentut akan berbau seperti kentut atau dikentuti orang. Namanya yang unik tentu bisa bikin orang penasaran.

Kuliner khas Medan ini mungkin belum sepopuler makanan lainnya dari ibu kota Sumatra Utara ini seperti soto medan, pancake durian, atau bika ambon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, bagi warga Medan, nasi kentut bisa dibilang salah satu menu wajib seperti halnya nasi kucing di Jogja atau nasi uduk di Jakarta. Jadi belum sah ke Medan jika belum mencicipi nasi kentut.

Mbah Minto Klaten Tak Tahu Video Parodi Gagal Mudik Viral di Medsos

Jangan bayangkan nasi kentut memiliki aroma yang kurang sedap. Sebaliknya, nasi ini bertekstur lembut, beraroma wangi, dan memiliki rasa yang bisa bikin ketagihan.

Nama ekstrem ini sesungguhnya berasal dari bumbu unik yang digunakan yaitu daun kentut (paederia foetida) atau juga dikenal sebagai daun sembukan.

Tumbuhan merambat ini dikenal oleh masyarakat Medan memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, bahkan mengobati sakit mag dan sariawan.

Wali Kota Solo Blak-Blakan Cerita Kolaborasi di Lagu Ojo Mudik Didi Kempot

Karena khasiatnya inilah maka disebut tanaman kentut, sehingga ketika diolah menjadi nasi maka label itu pun ikut melekat.

Sesungguhnya selain daun sembukan, nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit. Kemudian nasi ini dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian di kukus atau dipanggang hingga matang.

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, beberapa waktu lalu, tidak seperti namanya, penampilan kuliner khas Medan ini sangatlah menggugah selera.

Bayangkan nasi pulen hangat yang mengeluarkan aroma wangi daun yang khas. Hal lain yang membedakan nasi kentut dengan kuliner lain adalah lauk pendampingnya.

Pilihan Lauk

Beragam lauk bisa klop dipadukan dengan nasi ini. Bisa pakai kentang pedas, ikan teri, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. Jangan lupakan juga sambalnya. Bisa pakai sambal terasi atau sambal ijo.

Kabar Duka: Seniman Senior Ketoprak Solo Yulius Sukasdi Tutup Usia

Sebagian orang pencinta kuliner khas Medan ini menambahkan daun kentut sebagai lalapan. Tak sulit menemukan nasi kentut di Kota Medan. Banyak warung makan hingga restoran yang menyediakan kuliner ini.

Lokasinya juga tersebar mulai sekitar permukiman, dekat kampus, sekitar pabrik, atau tidak jauh dari pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Harga nasi kentut juga sangat ramah di kantong. Dengan Rp5.000-Rp15.000, kita bisa mencicipi kuliner khas Medan ini.

Salah satu warung makan yang menyediakan nasi kentut dan kerap diburu wisatawan atau warga setempat adalah warung di Jl. Wahidin No. 24-V/168 (Samping Sekolah S. Parman), Medan.

Resep Kaki Naga Nyummy untuk Buka Puasa

Di tempat ini, nasi kentut biasanya dilengkapi dengan aneka lauk seperti ayam goreng, ikan goreng, ikan bakar, ayam bakar, dan lain-lain. Tentu sambal tidak ketinggalan seperti sambal hijau, sambal terasi, sambal goreng, dan lain-lain.

Warung ini juga menyediakan es yang namanya tidak kalah unik yaitu Es Blackberry. Es Blackberry ini raasnya asam dan sedikit manis, sangat cocok sebagai minuman pelengkap dari hidangan yang tersedia di rumah makan ini.

Asyik, Ada Promo Buy 1 Get 1 di Resto The Sunan Hotel Solo, Bisa Beli Online

Warung makan buka setiap harinya saat jam makan siang tiba. Meski tidak terlalu luas, warung makan ini cukup nyaman karena ada meja dan kursi lipat yang ditata rapi. Penasaran dengan kuliner khas Medan bernama nasi kentut? Saat datang ke Medan tidak ada salahnya mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya