Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Nasi Bogana, Makanan Khas Tegal Favorit RA Kartini

Nasi Bogana sendiri makanan khas Tegal, Jawa Tengah yang terdiri dari nasi putih dengan lauk opor ayam, sambal, telur pindang, dendeng hingga oseng tempe dan buncis.
SHARE
Nasi Bogana, Makanan Khas Tegal Favorit RA Kartini
SOLOPOS.COM - Nasi Bogana Khas Pantura 9Instagram/@lilyminarosa)

Solopos.com, JEPARA — Sebagai putri daerah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, RA. Kartini rupanya memiliki banyak makanan favorit. Makanan-makanan tersebut biasanya disajikan setiap merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

Salah satu makanan favorit RA. Kartini adalah Nasi Bogana. Makanan khas Tegal, Jawa Tengah ini terdiri dari nasi putih dengan lauk opor ayam, sambal, telur pindang, dendeng hingga oseng tempe dan buncis.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu (20/4/2022), meskipun belum ada sumber yang jelas, konon RA. Kartini sering memasak hidangan ini di sela-sela waktunya. Secara umum, Nasi Bogana banyak ditemui di wilayah pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Masing-masing daerah memiliki gaya sendiri-sendiri dalam menyajikan hidangan ini.

Baca juga: Selain Menulis Surat, RA Kartini Ternyata Suka Dolanan

Di Jawa Barat, khususnya di Cirebon yang berbatasan dengan Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, Nasi Bogana dihidangkan dengan cara dibentuk seperti tumpeng dan disajikan dengan berbagai lauk pauk. Hidangan ini juga masuk dalam makanan sakral untuk empat kesultanan di Cirebon. Hal ini terbukti dengan Nasi Bogana yang sering disajikan di setiap acara keraton.

Sedangkan di Jawa Tengah, Nasi Bogana disajikan di atas daun pisang di mana lauk-lauknya diletakan di atas nasi putih. Nasi Bogana ini bisa dikatakan sebagai sebutan lain dari nasi rames khas Tegal yang disajikan dengan berbagai lauk pendamping. Alas daun pisang yang digunakan memberikan aroma yang khas.

Penamaan ‘Bogana’ diambil dari bahasa Sunda, yaitu Saboga-bogana yang artinya seada-adanya. Maksud ‘seada-adanya’ di sini adalah seada-adanya bumbu umum yang tersisa di dapur. Semua bumbu umum digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kayu manis, sereh, biji pala, kemiri, lada dan rempah-rempah lainnya digiling kemudian di tumis bersama, dan tumisan ini akan menjadi bumbu utama dari Nasi Bogana.

Baca juga: Hartono Bersaudara, 2 Konglomerat Dunia Asal Kudus

Kini, Nasi Bogana menjadi salah satu makanan kekinian yang disuguhkan dengan cara modern. Nasi Bogana ini pernah diulas oleh seorang Youtuber kenamaan, Ria SW. Nasi Bogana yang diulas tersebut disajikan dengan cara dibungkus dalam daun pisang sehingga aroma khas daun pisang lebih terasa.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode