SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah plastik.(JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Suyana meminta masyarakat yang mengelola bank sampah untuk kreatif

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Suyana meminta masyarakat yang mengelola bank sampah untuk kreatif agar menarik minat nasabah di bank sampah sehingga keberadaan bank sampah dapat terus beraktifitas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu kreatifitas yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan sampah untuk kerajinan yang melibatkan semua nasabah bank. Selain itu, perlu membuat program berwisata bersama semua nasabah bank sampah.

“Uangnya bisa dari hasil penjualan sampah, sehingga program tersebut bisa menarik minat masyarakat untuk terlibat di bank sampah,” kata Suyana di sela-sela acara Anugerah Lingkungan Hidup Kota Jogja, Kamis (23/11/2017).

Suyana mengatakan dari 400an bank sampah di Kota Jogja, sekitar 70an di antaranya tidak aktif atau tidak ada aktifitas karena pengurusnya berganti. Ia berharap keberadaan bank sampah dapat optimal sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS).

Untuk terus memacu bank sampah, Dinas Lingkungan Hidup, kemarin juga memberikan penghargaan kepada beberaa bank sampah, di antranya Bank Sampah Kantong Rejeki RW 04 Cokrodiningratan, Bank Sampah Srikandi RW 09 Kricak, dan Bank Sampah Wirosaban Mandiri RT 17 Sorosutan.

Selain penghargaan bank sampah terbaik, Anugerah Lingkungan hidup Kota Jogja 14 kampung hijau perkotaan. Peringkat satu sampai tiga secara berurutan diraih RW 12 Kelurahan Rejowinangun, RW 14 Kelurahan Klitren, dan RW 09 Kelurahan Kricak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya