SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Florida – Badan Antariksa AS, NASA, meluncurkan pesawat ruang angkasa bertenaga surya menuju planet Yupiter, dari Cape Carnaval Air Force Station di Florida, pada Jumat (5/8/2011) waktu setempat. Pesawat antariksa tersebut diberi nama Juno yang akan menempuh perjalanan selama lima tahun ke Yupiter, yang berjarak sekitar 2.800 juta kilometer jauhnya.

Menariknya pesawat tersebut tidak diawaki manusia tetapi mainan Lego. Pesawat tersebut membawa tiga miniatur lego ke ruang angkasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip dari pcmag.com, Minggu (7/8/2011), tiga buah miniatur Lego yang menggambarkan dewa Romawi Jupiter, istrinya Juno dan ilmuwan asal Italia Galileo Galilei terpasang di dalam pesawat ruang angkasa milik NASA itu. NASA mengumumkan, ketiga patung setinggi 1,5 inchi tersebut dibawa dalam pesawat Juno untuk misi ruang angkasa ke planet Jupiter.

Dibawanya tiga miniatur patung ini merupakan bagian dari kerjasama antara NASA dengan LEGO dimana tujuannya untuk menginspirasi anak-anak untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika.

Berbeda dengan mainan plastik yang biasa Lego membuat, angka-angka ini terbuat dari aluminium, membuat mereka kuat cukup untuk menahan kondisi ekstrim penerbangan ruang angkasa.

Misi Juno sendiri ialah mencari apa saja yang membentuk planet terbesar dalam sistem tata surya itu. Juno bertujuan untuk lebih dekat ke Jupiter daripada pesawat ruang angkasa NASA lainnya dan akan menjadi yang pertama mengorbit kutub planet.

dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya