SOLOPOS.COM - gerhana ilustrasi (artsoul.homestead.com)

gerhana ilustrasi (artsoul.homestead.com)

WASHINGTON—Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan akan terjadi dua gerhana Matahari dan dua gerhana Bulan sepanjang 2012. Gerhana Matahari annular pertama akan terjadi pada 20 Mei.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari website NASA (eclipse.gsfc.nasa.gov), gerhana Matahari tersebut dapat dilihat pada jalur trek 240-300 kilometer melintasi Asia Timur, Samudera Pasifik sisi utara dan bagian barat Amerika Serikat. Sebagian besar masyarakat lainnya di Asia, dua pertiga wilayah Amerika Utara dan Pasifik akan melihat gerhana Matahari sebagian.

Jalur annular dimulai dari selatan China pada 22.06 GMT (UT) menuju arah timur, di mana bayangan gerhana dengan kecepatan 1,1 km per jam mulai menutupi pantai selatan wilayah Jepang. Penduduk Tokyo dapat melihat peristiwa tersebut selama lima menit mulai pukul 22.32 GMT atau pada 21 Mei waktu setempat.

Bayangan gerhana itu akan terus bergerak hingga mencapai wilayah Amerika.

NASA juga memperkirakan akan terjadi gerhana Bulan pada 4 Juni disusul gerhana Matahari total empat bulan setelahnya, tepatnya 13 November. Pada 28 November akan terjadi gerhana bulan penumbral.

NASA juga menyediakan simulasi perkiraan gerhana Matahari dan Bulan yang dapat diakses melalui tautan berikut ini. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya