SOLOPOS.COM - Tes Urine deteksi narkoba di LP Ambarawa, Rabu (13/5/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Narkoba Semarang dicegah beredar di LP Semarang dengan meminta komitmen para sipirnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 121 pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane, Kota Semarang, Jawa Tengah, menandatangani deklarasi komitmen bebas narkotika. Deklarasi tersebut didahului dengan pemeriksaan urine para sipir LP Kedungpane Semarang itu, Selasa (3/5/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala LP Kelas I Kedungpane Semarang Dedi Handoko mengharapkan penandatanganan deklarasi ini menjadi komitmen nyata para pegawai. “Para petugas diharapkan memahami tugas dan resiko yang harus diembannya,” katanya.

Komitmen untuk mencegah peredaran narkotika, kata dia, diawali dengan pemeriksaan urine para petugasnya. Ke depan, lanjut dia, secara bertahap akan beralih kepada warga binaan. “Karena alat tes terbatas, sementara ini untuk petugas LP dulu,” ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Jawa Tengah berjanji menindak tegas petugas lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan yang tersangkut peredaran narkotika di tempat-tempat tersebut. “Perang terhadap narkoba sudah dilakukan,” ujar Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Jawa Tengah Bambang Sumardiono saat memimpin peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Tingkat Jawa Tengah di LP Kelas I Kedungpane Semarang, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, antisipasi peredaran narkotika di LP dan rutan melibatkan tidak hanya internal lembaga, namun juga institusi lain. “Operasi internal, termasuk melibatkan institusi lain seperti kepolisian, Badan Narkotika Nasional, hingga Bea Cukai yang memiliki anjing pelacak,” imbuhnya.

Saat ini, ia memastikan peredaran narkotika di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Jawa Tengah sudah menurun. Persoalan narkoba di penjara, beberapa waktu belakangan ini, sempat mencoreng wajah institusi pemasyarakatan. Penjara bukan hanya dikenal sebagai lokasi paling aman untuk menikmati narkoba, tetapi pabrik narkoba juga bisa ditemukan di penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya