[ X ] CLOSE

Nama Kapolsek Tawangsari Sukoharjo Dicatut Tawarkan Motor Lelangan

Aksi penipuan terbaru terjadi di Sukoharjo dengan mencatut nama Kapolsek Tawangsari.
Nama Kapolsek Tawangsari Sukoharjo Dicatut Tawarkan Motor Lelangan

Solopos.com, SUKOHARJO — Aksi penipuan dengan mencatut nama Kapolsek terjadi di wilayah Sukoharjo. Kali ini aksi penipuan tersebut menimpa Kapolsek Tawangsari AKP Tri Jalu Wahyudi.

Modus pelaku menggunakan nama dan foto profil Kapolsek Tawangsari ini sebagai kontak whatsapp (wa) untuk menipu para korban. Pelaku lantas mengirimkan pesan melalui wa kepada rekan-rekan Kapolsek Tawangsari dengan menawarkan motor lelangan seharga Rp5 hingga Rp6 juta. Beruntung tak ada satupun korban yang meladeni pesan WA tersebut.

“Teman-teman langsung kontak saya dan menanyakan tawaran itu benar atau tidak. Saya sampaikan tidak benar,” ungkap Kapolsek kepada Solopos.com, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: 13 Ruas Jalan Sukoharjo Masih Ditutup hingga 9 Agustus, Mana Saja?

Kapolsek menuturkan jika pelaku meretas nomor-nomor yang ada di kontak wa miliknya. Kemudian pelaku menggunakan nama dan foto profil miliknya dengan nomor berbeda untuk mengelabui para korban. Pelaku mengirimkan satu per satu pesan wa ke beberapa kontak tersebut.

“Beberapa teman ada yang mencoba menghubungi nomor itu. Ada sebagian yang video call dan ternyata bukan saya,” tuturnya.

Aksi penipuan dengan menggunakan nama dan foto profil ini merupakan modus lama yang memang kerap digunakan pelaku untuk menipu para korbannya. Tak sedikit pula masyarakat hingga kalangan pejabat yang menjadi korban.

Baca juga: Pengumuman! PPKM Level 4 di Klaten Berlanjut hingga 9 Agustus 2021

Kapolsek Tawangsari sendiri mengimbau agar masyarakat mewaspadai aksi penipuan dengan modus mencatut nama seseorang. Apalagi sampai menjadi korban dan mengirimkan sejumlah uang ke rekening pelaku. Kapolsek meminta masyarakat mengkonfirmasikan terlebih dulu sebelum mentransfer sejumlah uang.

“Kalau bisa cek dulu dengan telepon ke nomor itu. Kalau perlu di video call sehingga tahu apakah kenal atau tidak. Jadi tidak asal percaya,” pintanya.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago