SOLOPOS.COM - Para Tenaga kesehatan atau Nakes RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri saat divaksin Covid-19 dosis ketiga di rumah dinas direktur rumah sakit itu, Kamis (12/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Penyuntikan mulai dilakukan di rumah dinas direktur rumah sakit itu, Kamis (12/8/2021).

“Suluruh civitas hospitalia, baik nakes maupun karyawan mendapatkan dosis ketiga dari vaksin Moderna. Jumlahnya ada sekitar 750 orang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Setyarini, Kamis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan, vaksin itu akan meningkatkan daya tahan tubuh atau antibodi nakes di Wonogiri dari ancaman Covid-19. Tak bisa dipungkiri nakes merupakan garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Baca Juga: Tak Seperti Kasus Pinangki, Kejaksaan Ajukan Kasasi Vonis 3,5 Djoko Tjandra

Nakes yang merupakan penyintas Covid-19, lanjut dia, tetap bisa mendapatkan suntikan booster. Sesuai peraturan, penyintas Covid-19 bisa divaksin setelah tiga bulan dinyatakan sembuh.

“Kan nakes di sini ada yang terpapar dan menjadi penyintas. Intinya kami ikuti aturan yang ada. Hingga kini vaksinasi dosis ketiga aman. Insyaallah aman terus. Namun pelaksanaanya bergiliran, agar pelayanan tetap berjalan baik,” kata Setyarini.

Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma, membenarkan kedatangan vaksin Moderna untuk booster para nakes. “Kami baru terima 200 vial vaksin. Jumlah itu bisa menyasar untuk 2.800 orang,” kata Adhi.

Seorang bidan, CintiGorethi, 33, merupakan salah satu nakes di RSUD Wonogiri yang sudah divaksin dosis ketiga. Ia mengaku senang setelah mendapatkan suntikan vaksin dosis ketiga. Hal itu bentuk perhatian lebih dari pemerintah kepada para nakes.

“Bukannya kami merasa diistemewakan, tidak seperti itu. Selama pandemi ini kami memang di pelayanan, terus ada fokus perhatian pemerintah ke kami. Tentunya kami juga senang,” kata dia.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Rusak Sejumlah Warung di Pantai Selatan Kulonprogo

Sebelumnya, ia mengaku sudah divaksin dua kali. Jenis vaksin yang disuntikkan jenis Sinovac. Namun, tidak ada perbedaan yang ia rasakan setelah divaksin Sinovac dan Moderna. Tubuhnya terasa biasa dan masih bisa bercanda dengan teman-temannya.

“Tentu senang rasanya dapat booster baru. Selama ini saya belum pernah terpapar, jangan sampai. Mohon doa terbaik untuk teman-teman nakes,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya