SOLOPOS.COM - Seorang tenaga kesehatan (nakes) disuntik vaksin dosis ketiga atau booster di Puskesmas Sukoharjo, Sabtu (14/7/2021). (Istimewa-Faisal)

Solopos.com, SUKOHARJO – Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster mulai diberikan kepada para tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (14/8/2021).

Dosis vaksin tambahan yang bertujuan memberikan perlindungan ekstra bagi para nakes disuntikkan di 10 puskesmas di Sukoharjo. Diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo telah menerima 6.000 dosis vaksin jenis Moderna pada beberapa hari lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini [Sabtu], para nakes mulai disuntik vaksin booster di 10 puskesmas kecuali Weru dan Bulu. Selain nakes, sebagian guru juga menerima vaksin dosis kedua,” kata Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela kegiatan vaksinasi massal di Hartono Mall Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sabtu.

Baca juga: IDI Sukoharjo Sebut Pengendalian Covid-19 Bertumpu Tiga Pilar

Sebelumnya, para nakes telah menerima dua dosis vaksin jenis Sinovac. Mereka dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19 sehingga membutuhkan intervensi vaksinasi dosis ketiga. Hal ini mempertimbangkan masih banyak nakes yang terpapar Covid-19 kendati telah disuntik vaksin Covid-19.

Penyuntikan vaksin dosis ketiga untuk para nakes dilakukan secara bertahap. Target vaksinasi dosis ketiga nakes sebanyak 6.205 orang.

“Penyuntikan vaksin booster bagian dari upaya melindungai para nakes dari paparan virus. Mereka hampir setiap hari berjibaku dengan pasien positif,” ujar dia.

Baca juga: Polisi Sukoharjo Jemput Bola Penyandang Disabilitas untuk Vaksinasi

Lebih jauh, Yunia menyampaikan vaksin jenis Moderna memiliki efikasi paling tinggi dan ampuh dibanding vaksin jenis lain yang telah tiba di Tanah Air. Vaksin Moderna ditujukan untuk orang berusia di atas 18 tahun. Moderna juga terbukti efektif dalam uji klinis untuk mencegah penularan varian mutasi Covid-19.

Kepala Puskesmas Nguter, Sugeng Purnomo, mengatakan ada 17 nakes yang disuntik vaksin booster pada Sabtu. Sugeng berharap tak ada lagi nakes yang terpapar Covid-19 lantaran mereka berdiri di garis terdepan dalam memerangi Covid-19.

Baca juga: Kejar Target, Tiap Hari Ada Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya