SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati salah satu pusat perbelanjaan di Solo Paragon Mall, Selasa (3/5/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Merchant atau tenant mal dan pusat perbelanjaan Kota Solo meraup omzet dengan kenaikan cukup signifikan pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini. Ada yang kenaikanya sampai 50% per hari.

Berdasarkan wawancara Solopos.com dengan beberapa tenant di mal Kota Bengawan, yang mengalami kenaikan omzet paling signifikan yakni food court dan makanan cepat saji.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karyawan Warung Mbok Marni, Suci, 23, saat dikunjungi Solopos.com di Solo Grand Mall menerangkan saat menjelang Lebaran dan saat hari H, pendapatan dalam satu hari bisa mencapai Rp2 hingga Rp2,5 juta per hari.

“Naik cukup banyak. Sehari bisa dapat Rp2 sampai Rp2,5 juta. Apalagi saat puasa banyak yang bukber, itu salah satu faktornya,” terangnya saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (3/5/2022).

Jumlah pengunjung mal di Solo mulai meningkat dan stabil di angka tersebut saat Ramadan. Setelah memasuki Lebaran hari pertama, kata Suci, jumlah pembeli mengalami peningkatan lagi hingga 50%. Saat itu mayoritas pembeli membawa rombongan keluarga besar.

Baca Juga: Respons Anggota DPRD Soal Wacana Mal di Solo Buka hingga Tengah Malam

“Pas hari H ini nambah lagi 50%, jadi yang biasanya Rp2 juta jadi Rp3 juta per harinya. Kalau hari biasa ya enggak nyampe segitu. Paling Rp1 juta, Rp1,5 per hari nya,” ucapnya.

Sementara itu, karyawan tenant Teh Gardoe di Solo Paragon Mall, Mirna, 26, juga mengatakan hal serupa. Saat Ramadan bisa menjual 500 cup teh.

Naik Pada Lebaran Hari Kedua

“Kalau pas puasa dibanding hari biasa meningkatnya enggak terlalu banyak juga. Kalau hari biasa stabil di Rp2 juta sampai Rp3 juta. Pas puasa ya Rp3,3 juta dan Rp3,5 juta dalam sehari,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Panen Cuan! Pengunjung Mal Solo Naik Hingga 200 Persen Jelang Lebaran

Dalam satu hari saat Lebaran, pendapatan tenant mal di Kota Solo itu masih stabil. Baru saat hari kedua Lebaran, mulai naik lagi. “Hari kemarin ya masih stabil, malah mulai naik lagi  hari ini, sekitar 30%,” paparnya saat dijumpai Solopos.com, Selasa.

Kinanti, 40, karyawan tenant pakaian Femmewear di Solo Square, mengatakan ada peningkatan omzet sekitar 20% saat menjelang Lebaran. Menurutnya pembeli lebih tertarik berbelanja pakaian sebelum Lebaran.

“Waktu H-7 Lebaran kemarin udah mulai naik lagi 20%, biasanya cuma dapat Rp1 juta jadi naik sekitar Rp1,2 juga per hari,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di tenantnya lantai I, Senin (2/5/2022).

Baca Juga: Masih PPKM Level 3, Anak Ngemal di Solo Wajib Tunjukkan Bukti Vaksin

Setelah Lebaran, pendapatannya menurun lagi, dari yang hari biasa bisa mencapai 1 juta, kini saat lebaran pendapatnya menurun dan hanya laku tiga sampai lima potong baju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya