SOLOPOS.COM - Situasi Pasar Kambing Semanggi, Minggu (19/6/2022), tiga pekan menuju Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Tiga pekan menuju Hari Raya Iduladha 1443 H/2022 M, harga kambing di Pasar Kambing Semanggi sudah, Solo, Jawa Tengah, mulai naik.

Kenaikan harga telah berlangsung selama dua hari terakhir, yakni mulai Sabtu (18/6/2022) dan akan terus terjadi hingga mendekati Hari Raya Iduladha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut diungkapkan oleh pemungut retribusi Pasar Kambing Semanggi saat ditemui Solopos.com, Minggu (19/6/2022).

“Sudah ada peningkatan. Dua hari terakhir ini palingan, baru aja,” jelas dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu pukul 10.30 WIB, situasi di Pasar Kambing Semanggi sangat ramai. Mobil pengangkut ternak berpelat nomor Sragen dan Wonogiri juga tampak terparkir.

Baca juga: Kunjungi CFD Solo, Ini Momen Ganjar Pranowo Menari Bersama Warga

Harga Kambing Kurban Solo

Menurut Mur, kondisi hari ini terasa lebih ramai dibanding pekan biasanya. Aktivitas jual beli ternak sudah cukup meningkat.

Lalu lintas ternak paling banyak berasal dari Soloraya, khususnya Wonogiri dan Sragen. Pada hari tertentu ada juga dari Madiun, Jawa Timur.

“Ini sudah peningkatan pembeli. Aktivitasnya sudah terasa ini, walaupun memang masih kecil. Hari Minggu biasanya lebih sepi dari ini,” imbuhnya.

Kenaikan harga kambing di Solo biasanya terjadi pada kambing jantan berusia 1,5 tahun. Usia tersebut memang biasanya dicari pembeli utamanya untuk dijadikan hewan kurban.

“Itu kebanyakan yang dikatakan naik yang jantan besar usia 1,5 tahun, yang disiapkan untuk kurban,” jelas dia.

Baca juga: Laris, Tengkleng Klewer Bu Edi Solo Habiskan 60 Kepala Kambing Sehari

Sejak Jumat, harga kambing jantan berusia 1,5 tahun sudah berada di angka Rp2 juta per ekor. Harga tersebut naik sekitar Rp200.000 dari harga semula Rp1,8 juta.

Mur memprediksi harga kambing usia 1,5 tahun mendekati Iduladha bisa mencapai Rp2,2 juta.

“Sedikit sih naiknya. Nanti kalau semakin dekat tambah mahal. Mendekati hari H ya perkiraan naik sampai Rp400 ribu per ekor kambing usia 1,5 tahun,” tutur dia.

Sementara itu, tiga ekor kambing milik Sukisno, 67, asal Sragen telah terjual hari ini. Sukisno sendiri selain menjual kambing di Pasar Kambing Semanggi juga membeli kambing untuk dijual kembali di daerah asalnya.

“Hari ini laku tiga ekor. Sekalian kulak lima ekor. Setelah kulak saya berjualan ke daerah di sana,” jelas Sukisno saat ditemui Solopos.com.

Baca juga: Sehari 40 Ekor Kambing, Ini Istimewanya Tengkleng Mbak Diah Sukoharjo

Sukisno mematok harga jual kambing siap kurban hingga Rp2 juta. Sementara kambing kecil yang usianya belum cukup untuk hewan kurban ia patok di kisaran Rp1,2 juta saja.

“Harga kambing kecil ya Rp1,2 juta. Kalau kurban ya udah bisa sampai Rp2 juta sekarang. Kurang lebih segitu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya