Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Naik Rp200.000/Ekor, Segini Harga Kambing Jelang Iduladha Di Kota Solo

Harga kambing yang dijual sejumlah pedagang di Pasar Hewan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, naik hingga Rp200.000 per ekor menjelang Iduladha.
SHARE
Naik Rp200.000/Ekor, Segini Harga Kambing Jelang Iduladha Di Kota Solo
SOLOPOS.COM - Salah satu tempat penjualan kambing kurban jenis Randu Jawa di Pasar Kambing, Semanggi, Solo, Kamis (30/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Harga kambing di Pasar Hewan Semanggi, Solo, menjelang Iduladha naik mulai Rp100.000 hingga Rp200.000 per ekor. Kenaikan harga itu dipicu harga dari peternak dan permintaan yang meningkat jelang Hari Raya Kurban.

Salah seorang pedagang kambing, Suparmin, 70, mengatakan harga kambing mulai naik semenjak satu pekan yang lalu. “Sudah naik pertengahan bulan ini, Rp100.000, Rp200.000,” ucapnya saat ditemui di lapak jualan kambingnya, Kamis, (30/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Suparmin mengatakan kenaikan harga kambing sudah dari peternak dan menurutnya sudah menjadi tradisi setiap menjelang Iduladha. “Dari peternak sudah naik, memang sudah tradisinya, permintaan juga banyak dari sini,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Ratusan ekor kambing dijual di lapak milik Suparmin Solo dengan harga menyesuaikan jenis dan ukuran. Kambing-kambing itu didatangkan dari berbagai daerah, yakni Wonogiri, Ponorogo dan Pacitan dengan berbagai jenis dan ukuran.

“Dari Wonogiri, Jawa Timuran ada dari Ponorogo, Pacitan, jenisnya ada kambing jawa telinga pendek, kambing jawa randu, kambing gembel, kambing etawa,” ucap pria yang sudah berjualan kambing sejak 1982 itu.

Baca Juga: Jelang Iduladha 2022, Segini Harga Kambing Kurban di Sukoharjo

Harga kambing di lapaknya di Solo, menurut Suparmin, menyesuaikan ukuran besar kecilnya. Untuk ukuran jambing Jawa telinga pendek dipatok dengan harga Rp2,5 juta per ekor. Sedangkan jenis kambing Jawa randu berkisar Rp2,75 juta per ekor.

Kambing Etawa

“Kalau yang Jawa ini telinga pendek Rp2,5 juta, jawa randu Rp2,75 juta, bedanya di telinga, yang jawa randu itu panjang, biasanya yang paling banyak dicari buat masjid-masjid yang itu [kambing jawa randu], kelihatan tinggi [badan kambing],” katanya.

Selain kambing jawa, ada juga jenis domba atau sering disebut ‘wedhus gembel’ dengan harga Rp4 juta. “Yang gembel ini ukuran sedang Rp4 jutaan, kalau agak kecil ya Rp3,7 juta,” kata lelaki itu sembari menunjuk domba yang dia maksud.

Baca Juga: Jelang Iduladha di Tengah Wabah PMK, Harga Hewan Kurban Tetap Naik

Di lapaknya di Pasar Hewan Semanggi, Solo, Suparmin juga menjual kambing jenis Etawa yang harga jualnya paling mahal di antara kambing-kambing lain. “Yang ini [sembari menunjukkan kambing Etawa miliknya] Rp10 juta, beratnya 89 kg,” ungkapnya.

Penjual lain, Murdiyanto, mengatakan hal yang sama. Kambing jawa, jawa randu, dan domba harganya berkisar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta menyesuaikan ukuran.

“Yang jawa-jawa ini ya ada Rp2,5 jutaan sampai Rp3 juta, yang domba-domba ini ya Rp4 jutaan sesuai ukurannya,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode