SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengendarai sepeda motor. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Keselamatan berkendara saat mengendarai sepeda motor wajib diperhatikan. Dalam hal ini, pengendara sepeda motor dilarang memakai sandal jepit dan celana pendek.

Kepala Korps Lali Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, menyatakan penggunaan sandal jepit saat naik sepeda motor menjadi salah satu sorotan dalam operasi Patuh 2022 yang digelar serentak di seluruh wilayah polda mulai Senin (13/6/2022).

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Firman mengatakan, pemakaian sandal jepit tidak sesuai dengan aturan keselamatan berkendara. Pasalnya, sandal jepit tidak memberikan perlindungan pada kaki secara maksimal.

“Tidak ada perlindungan pakai sandal jepit. Karena kalau sudah pakai motor, kulit bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat, makin tidak terlindungi kita. Itulah fatalitas,” jelas Irjen Pol Firman Santyabudi saat apel Operasi Patuh 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022), sebagaimana dilansir dalam laman resmi Humas Polri.

Dia berharap aturan tersebut menumbuhkan kesadaran terkait keselamatan berkendara. Hal inilah yang menjadi alasan pengendara sepeda motor dilarang memakai sandal jepit.

Baca juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Wajib Pakai Sepatu?

Jika terjadi kecelakaan lalu lintas saat berkendara mengenakan sandal jepit, maka kulit kaki akan langsung bersentuhan dengan aspal. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor.

Sebenarnya ada pakaian standar untuk menjaga keselamatan berkendara. Hanya saja, atribut ini sering kali diabaikan.

Dilansir dari laman astramotor.co.id, ada beberapa pakaian yang sesuai standar keselamatan berkendara.

Pertama, jaket yang wajib dipakai pengendara sepeda motor. Jaket bisa melindungi dari angin, kerikil, debu, panas matahari, bahkan hujan.

Kedua yakni sepatu yang dapat melindungi kaki dari kemungkinan cedera. Jika melakukan perjalanan jauh, pakailah sepatu yang tebal.

Bacca juga: Awas! Jangan Pakai Sandal Jepit saat Naik Sepeda Motor

Terakhir yaitu celana panjang yang dapat melindungi kaki dari sengatan matahari, serta debu dan kerikil. Penggunaan celana panjang ini sama pentingnya dengan sepatu.

Celana panjang memberikan perlindungan maksimal jika dibandingkan dengan celana pendek.

Pemakaian celana pendek saat berkendara samaa bahayanya dengan sandal jepit. Jika terjadi kecelakaan, kedua pakaian yang tidak standar itu dikhawatirkan menimbulka fatalitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya