Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Naik Level Siaga, Anak Krakatau Pernah Sebabkan Tsunami Selat Sunda

Naik Level Siaga, Anak Krakatau Pernah Sebabkan Tsunami Selat Sunda
user
Senin, 25 April 2022 - 19:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Gunung Anak Krakatau, terlihat dari luar angkasa pada Februari 2019, lebih dari sebulan setelah erupsi yang menghancurkan tubuhnya sendiri. Foto menunjukkan deformasi skala besar di sisi barat daya gunung berapi, dengan sedimen mengalir ke arah laut. (Sentinel/Wikimedia)

Solopos.com, BANDARLAMPUNGGunung Anak Krakatau (GAK) statusnya naik dari Level II Waspada menjadi Level III Siaga, per Minggu (24/4/2022). Gunung yang berada di perairan Selat Sunda, antara Provinsi Banten dan Lampung ini pernah menyebabkan Tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018, yang salah satunya menewaskan sejumlah personil band Seventeen.

Petugas Pos Pantau GAK di Lampung Selatan, Andi, status naik level itu sejak Minggu pukul 18.00 WIB. Saat itu, Gunung Anak Krakatau terdengar mengeluarkan suara gemuruh dan juga terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan sinar api. “Erupsi GAK pada Minggu ketinggian mencapai 3.000 meter, dan sinar apinya mencapai 200 meter maksimal dari puncak gunung,” kata dia, melansir Kantor Berita Antara.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN