SOLOPOS.COM - Pedagang Pasar Gede Solo, Darini, 60, sedang menunggu pembeli, Rabu (8/12/2021). (Solopos-Ardian Yoga Ramadan)

Solopos.com, SOLO — Memasuki akhir tahun 2021, harga sejumlah komoditas di pasar tradisional di Kota Solo melonjak, di antaranya cabai rawit merah, cabai merah, serta bawang merah. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada cabai rawit merah yang menyentuh angka Rp60.000 per kilogram (kg)

“Kemarin [harga cabai rawit merah] sempet Rp56.000 – Rp60.000 per kilogram, tapi per hari ini turun. Rata-rata [harga] bahan pangan naik semua Mas, dan kenaikan paling tinggi terjadi pada cabai rawit merah,” kata pedagang cabai di Pasar Legi Solo, Arif, di sela-sela menunggu pembeli, Rabu (8/12/2021).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Arif menjelaskan kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya cuaca buruk serta panen tidak maksimal akibat gangguan hama tikus berskala besar sehingga cabai terpaksa dipanen dini. Faktor permintaan konsumen yang cukup tinggi namun suplai dari petani kurang maksimal membuat harga cabai kian naik.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Naik Terus, Mendag Didesak Intervensi Pasar

Kenaikan harga cabai rawit merah beberapa waktu terakhir juga diakui oleh pedagang di Pasar Gede, Solo. “Sini cabai rawit merah udah Rp60.000 per kilogram Mas, kalo cabai besar biasa masih Rp50.000 per kilogram. Harga bawang putih masih stabil tapi kalau bawang merah udah naik” kata salah seorang pedagang sayur, Andri Windarto, 35, di sela-sela menunggu pelanggan di Pasar Gede, Rabu.

Harga Telur Turun

Sementara itu, berdasarkan informasi dari website resmi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), harga cabai rawit merah pada Rabu ini turun menjadi Rp55.500 per kilogram setelah kemarin berada di angka Rp56.750/kg. Angka tersebut jauh di atas harga cabai rawit merah satu pekan lalu yang hanya berada di angka Rp41.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai merah cenderung stabil sejak satu pekan lalu yaitu di kisaran Rp34.000–Rp 35.750 per kilogram. Sementara itu, harga telur justru turun dari pekan menyentuh angka Rp22.150 dan saat ini mencapai Rp20.500. Di antara harga pangan yang tidak mengalami perubahan (stagnan) adalah beras di angka Rp11.750 per kilogram dan gula pasir Rp13.250 per kilogram.

Baca juga: Layanan Setor Tarik BI Berakhir 27 Desember 2021, Buka Lagi Tahun Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya